Menristek: PTS Harus Mampu Memperbaiki Mutu

BANDA ACEH – Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Prof. Muhammad Nasir, meminta kepada semua lulusan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) harus mampu memberikan kontribusi yang baik terhadap masyarakat dan mampu bersaing dengan para lulusan-lulusan yang lain.

Hal tersebut dikatakan saat menghadiri acara maulid di kampus Universitas Abulyatama, Minggu 5 April 2015.

Prof. Muhammad Nasir menjelaskan penting sekali setiap PTS mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) mengingat daya saing dan kompetisi yang cukup tinggi membuat setiap Perguruan Tinggi berlomba-lomba memperbaiki mutu institusinya.

“Universitas Abulyatama yang berbasis riset harus mampu menciptakan SDM yang berkhualitas, dan harus mampu bersaing dengan Perguruan Tinggi lainnya dan tentunya dengan mutu pendidikan yang lebih baik lagi,” kata Menristek.

Katanya, saat ini semua perguruan tinggi memiliki kedudukan yang sama dalam hal membangun pendidikan tinggi. Tidak ada lagi dikotomi antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Hal itu dibuktikan dengan pembubaran Kopertis yang selama ini mengelola PTS. Nantinya semua perguruan tinggi akan diakomodir dalam lembaga baru, yakni Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLPT).

“Hal ini dimaksudkan agar semua perguruan tinggi memiliki kesempatan yang sama dan saling berlomba dalam hal perkembangan pendidikan tinggi,” ujarnya lagi.

Meski demikian, Menristek berharap agar perguruan tinggi yang sudah maju harus bisa menjadi daya bangkit dan harus mampu bersaing menjadi lembaga pendidikan maju di dunia lainnya.

“Jadi perguruan tinggi yang sudah maju harus menjadi perguruan tinggi top world. Sementara perguruan tinggi yang masih berkembang akan menjadi perguruan tinggi yang maju di Indonesia,” katanya.

Untuk itu, dirinya sangat berharap agar semua perguruan tinggi saling bersaing. Dalam hal menjadi perguruan tinggi unggulan yang mampu bersaing dengan perguruan tinggi dunia lainnya. [] (mal)

Leave a Reply