Home Kampus Ini Dekan Baru FMIPA Unsyiah

Ini Dekan Baru FMIPA Unsyiah

144
0

BANDA ACEH – Dr. Teuku Mohammad Iqbalsyah, M.Sc. terpilih sebagai Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan ALam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) untuk periode 2015-2019. Iqbalsyah berhasil mengungguli dua calon lainnya, yaitu Dr. Taufik Fuadi Abidin, M. Info. Tech. dan Dr. Dra. Siti Rusdiana, M.Sc. dalam pemilihan yang berlangsung di Aula FMIPA Unsyiah, Kamis, 8 Oktober 2015.

Iqbalsyah berhasil mengumpulkan 71 suara, sementara Taufik dan Siti masing-masing memperoleh 56 dan 38 suara. Jumlah suara yang masuk secara keseluruhan sebanyak 166,65 suara. Jumlah tersebut termasuk suara rektor sebanyak 35 persen.

Satu kertas suara dianggap rusak, sementara 0.67 suara yang berasal dari rektor juga tidak terhitung karena tidak digunakan. Keterlibatan rektor dalam memilih dekan fakultas ditetapkan melalui peraturan rektor nomor 1.026 tahun 2015.

Rektor Unsyiah, Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M.Eng., menghadiri prosesi acara pemilihan ini sejak awal. Ketiga kandidat dekan tersebut sebelumnya diberikan kesempatan untuk mempresentasikan program-programnya selama 15 menit yang disaksikan oleh seluruh sivitas akademika FMIPA.

Tahapan pemilihan telah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Tahap pertama adalah penjaringan yang menghasilkan 4 orang bakal calon dekan. Rapat senat yang dilakukan secara tertutup oleh senat FMIPA mengerucutkan jumlah ini menjadi tiga orang calon dekan.

Iqbalsyah sebelumnya pernah menjabat sebagai Pembantu Dekan Bidang Akademik (PD 1) periode 2007-2011 di bawah kepemimpinan Dekan Prof. Dr. Mustanir, M.Sc. Dia juga pernah menjabat sebagai Ketua Career Development Center (CDC) Unsyiah selama dua tahun.

Sebelumnya, doktor lulusan Inggris ini juga pernah menjadi Ketua Jurusan Kimia, FMIPA Unsyiah. Iqbalsyah merupakan dekan yang ketujuh pada Fakultas MIPA Unsyiah yang berdiri secara resmi sejak 1993 itu.[](bna/*sar)