Home Kampus 534 Mahasiswa KKN-PPM, Rektor Unimal: Dana Desa Jangan Sia-Sia

534 Mahasiswa KKN-PPM, Rektor Unimal: Dana Desa Jangan Sia-Sia

142
0

LHOKSEUMAWE – Sebanyak 534 mahasiswa Universitas Malikussaleh mengikuti kegiatan pelepasan di halaman Kantor Wali Kota Lhokseumawe, Kamis, 8 Oktober 2015 dalam rangka Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM).

Amatan portalsatu.com, acara pelepasan mahasiswa KKN-PPM Unimal dipimpin Wali Kota Lhokseumawe Suaidi Yahya. Turut hadir anggota Komisi IX DPR RI asal Aceh Khaidir, Wakil Komisi I DPR Aceh Azhari alias Cage, Rektor Unimal Prof. Dr. Apridar, Sekda Lhokseumawe Dasni Yuzar, dan kalangan lainnya.

Rektor  Apridar berharap mahasiswa KKN-PPM mampu memberikan pemahaman tentang Undang-Undang tentang Desa kepada masyarakat dan aparat gampong (desa). Sebab, kata dia, KKN-PPM tahun ini bertema “Implementasi Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 dalam Upaya Merevitalisasi Gampong sebagai Pusat Pembangunan Menuju Indonesia Berdikari dan Berkemajuan”.

“Seluruh mahasiswa harus memahami Undang-Undang tentang Desa dengan baik agar nantinya bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat. Undang-undang itu tidak akan bermakna apabila kita semua tidak mendukung dan mensosialisasikan dengan baik,” kata Apridar.

Apridar menyebutkan, dana desa yang terealisasi dengan baik tentu akan lebih menyejahterakan masyarakat dan memajukan desa. “Jangan sampai dana dengan jumlah besar yang dikucurkan Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah terbuang dengan sia-sia. Karena itu, mahasiswa harus mampu memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia KKN-PPM Angkatan XVIII Unimal, Anwar Puteh, S.E., M.E., menyebutkan, jumlah peserta KKN sebanyak 534, terbagi 246 laki-laki dan 288 perempuan.

“Tahun ini kita lepaskan mereka ke tiga kecamatan di Kota Lhokseumawe, yakni Muara Satu lima gampong, Muara Dua sembilan gampong dan Blang Mangat sebanyak 21 gampong,” kata Anwar.

Anwar menambahkan, mahasiswa tersebut masing-masing dari Fakultas Hukum 38 orang, Fakultas Teknik 58 orang, Fakultas Pertanian sebanyak 107 orang, FISIP 145 orang dan Fakultas Ekonomi 186 orang.[] (idg/*sar)