Home Kampus 14.813 Pendaftar SBMPTN Berebut Kursi PTN di Unsyiah

14.813 Pendaftar SBMPTN Berebut Kursi PTN di Unsyiah

55
0

BANDA ACEH – Belasan ribu peserta ujian tulis Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang terdaftar di Panitia Lokal (Panlok) Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) untuk seleksi tahun ini, memadati kampus Unsyiah Darussalam, dan beberapa gedung sekolah lainnya di Banda Aceh yang dipergunakan untuk pelaksanaan ujian tulis SBMPTN 2015, Selasa kemarin, 9 Juni 2015.

Jumlah total pendaftar di Panlok Unsyiah adalah sebanyak 14.813 orang, dengan rincian 4.564 orang pemilih Saintek (IPA), 3.652 orang pemilih Soshum (IPS), serta 6.577 orang pemilih campuran.

Kepala Humas Unsyiah, Dr. Ilham Maulana, mengatakan beberapa peserta tidak hadir pada ujian tulis ini. Jumlah total peserta yang absen masih belum terekap oleh panitia.

“Sebanyak lima orang peserta dari Aceh Tenggara terpaksa mengikuti ujian tulis di atas pembaringan di Rumah Sakit Prince Nayef Unsyiah,” ujar Ilham.

Ilham menambahkan mereka adalah korban kecelakaan bus di Pidie Jaya dua hari lalu. Rumah Sakit di Meureudu, tempat mereka dirawat sebelumnya, merujuk kelimanya ke Rumah Sakit Unsyiah untuk memudahkan mereka mengikuti ujian tulis.

“Tahun lalu, jumlah total pendaftar SBMPTN di Panlok Unsyiah sebanyak 14.620 orang, dan juga terdapat peserta yang harus mengikuti ujian dari rumah sakit,” kata Ilham.

Tahun ini, kata Ilham, Panlok Unsyiah juga membawahi Sub Panlok Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh untuk melaksanakan ujian tulis SBMPTN. Jumlah total peserta di Sub-Panlok UTU adalah sebanyak 2.007 orang, dengan rincian 567 orang pemilih Saintek, 461 orang pemilih Soshum, serta 979 orang pemilih Campuran.

“Ujian tulis yang dimulai serentak pada pukul 7.30 WIB ini berlangsung lancar. Ujian dimulai dengan Tes Kemampuan Dasar Saintek, serta dilanjutkan dengan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik,” ujarnya.

Sementara para pemilih Soshum baru memulai ujian pada pukul 9.45 WIB, dan dilanjutkan dengan Tes Kemampuan Dasar Soshum setelah shalat dhuhur.

Sementara itu, pada saat yang sama, sebanyak 1.964 orang para lulusan SMA/MA/SMK yang terlebih dahulu telah dinyatakan lulus ke Unsyiah melalui jalur undangan atau sering disebut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), dikumpulkan di gedung AAC Dayan Dawood untuk mengikuti pengarahan.[] (ihn)