Kampanye di Pinggir Pantai, Rakyat Bertanya Nazar Menjawab

LHOKSEUMAWE- Calon Gubernur Aceh Muhammad Nazar kampanye terbuka di Lapangan KP3, pinggir pantai Kota Lhokseumawe, Minggu sore, 25 Maret 2012. Sebelum berorasi, cagub nomor urut 4 ini lebih dulu memberi kesempatan kepada rakyat untuk bertanya, lalu ia menjawab.
 
Pantauan The Atjeh Post, ribuan warga yang sebagian kaum perempuan mulai menyemut di lokasi itu menjelang waktu Ashar. Khusus kaum ibu menyesaki sejumlah tenda berukuran besar yang memayungi bagian tengah lapangan. Sedangkan massa lainnya berada di sisi kiri-kanan lapangan. Mereka berteduh di bawah pepohonan karena matahari teramat terik.
 
Usai waktu Ashar, Nazar bersama timsesnya tiba, lalu kampanye pun dimulai. Mulanya, Nazar dan sejumlah juru kampanye bergabung di dekat tenda. Mereka tidak menempati panggung yang masih disengat matahari. “Ribuan warga yang telah berkumpul di tempat ini tidak hanya dari Lhokseumawe, tapi juga asal Aceh Utara dan beberapa sengaja datang dari Bireuen,” kata Zaman Huri, Ketua Center Nazar-Nova Lhokseumawe membuka acara kampanye.
 
“Hari ini, di lokasi kampanye terbuka ini, kami memberi kesempatan untuk rakyat berdialog langsung dengan calon gubernur nomor urut 4, Muhammad Nazar. Rakyat bertanya, dan beliau akan menjawab,” kata Zaman Huri.
 
Lalu, pembawa acara meminta warga yang ingin bertanya maju ke depan. Terlihat tiga anak muda menunjuk tangan. Pembawa acara memanggil mereka untuk bertanya kepada Cagub Nazar. “Selama ini ada yang saling mengklaim JKA (Jaminan Kesehatan Aceh) adalah gagasan dan programnya. Siapa yang benar dan apakah JKA masih ada sekarang,” tanya seorang mahasiswa.
 
Dua anak muda lainnya menanyakan program Cagub Nazar di sektor pendidikan dan kepemimpinan berlandaskan Islam. Sebelum mempersilahkan Nazar menjawab, pembawa acara meminta Cagub yang diusung Partai Demokrat, PPP dan Partai SIRA ini naik ke panggung. Sebab di antara kerumunan massa beberapa kali terdengar permintaan agar Nazar naik ke panggung supaya bisa dilihat oleh semua yang hadir.
 
Meski panggung masih dibakar matahari, Nazar memilih untuk menyanggupi permintaan para pendukungnya. Ketika ia melangka ke panggung, massa pun bertepuk tangan sambil meneriakkan yel-yel “hidup Nazar… hidup cagub nomor urut 4”.
 
Berada di panggung, Nazar langsung menggebrak. Kendati wajahnya disengat matahari, tapi ia berhasil membakar semangat ribuan pendukungnya. Nazar menyatakan dirinya dan Nova Iriansyah maju sebagai Cagub dan Cawagub Aceh dalam Pilkada ini untuk memenangkan rakyat. “Kami tidak ingin menjadi pemimpin yang arogan, tapi pemimpin yang benar, makanya memilih berdialog untuk mendengar langsung,” katanya.
 
“Hanjeut na lee di Aceh pemimpin nyang peubangai rakyat, kasep. Meureutoh thon rakyat patah pate. Barokon sabe ta peusalah gob, tapeu salah Jakarta. Jinoe dumpeu kana di Aceh, maka bek lee meureupah tuleung, asoe dicok lee gob,” kata Nazar.
 
Setelah setengah jam berorasi, Nazar baru menanggapi pertanyaan mahasiswa terkait JKA. Kata Nazar, program JKA adalah bagian dari visi-misi saat Irwandi dan dirinya menjadi Cagub dan Cawagub pada Pilkada 2006 lalu. “Saya yang merumuskan program JKA, tapi menjelang Pilkada kali ini, gambar saya tidak muncul pada kartu JKA. Tak masalah, saya tidak perlu memprotes hal itu. Biarkan rakyat yang menilai,” katanya.
 
Jika terpilih sebagai gubernur dalam Pilkada 2012, Nazar berjanji bukan sekadar mempertahankan program JKA, tapi juga memperbaiki dan meningkatkan kualitas managemen dalam pengelolaan JKA agar tidak merugikan rakyat. “Begitu juga untuk sektor pendidikan, program yang berada di bawah saya sebagai wagub selama ini, pemberian beasiswa untuk mahasiswa mulai sarjana hingga doktoral, itu akan terus kita tingkatkan,” kata Nazar.
 
Massa tidak beranjak hingga mantan Wagub Aceh ini mengakhiri orasi politiknya. Sejumlah calon bupati Aceh Utara juga meramaikan kampanye Nazar. Di antaranya, Fajri M Kasim dan Umar HN.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply