Kalahkan Jerman, Italia Tantang Spanyol di Final

Italia akhirnya memastikan tempat di laga puncak untuk menantang juara bertahan Spanyol. Pasukan Cesare Prandelli melangkah ke final usai membekuk Jerman 2-1 di Stadion Nasional Warsawa, Polandia, Jumat (29/6).

Sejarah belum berubah. Jerman kembali gagal menaklukan Italia. Ini merupakan ketiga kalinya Jerman dikalahkan Italia pada semifinal. Sebelumnya, Jerman takluk di semifinal Piala Dunia 2006 dengan skor 0-2. Sedangkan saat masih bernama Jerman Barat, mereka kalah 3-4 di semifinal Piala Dunia 1970.

Jerman mengawali laga dengan baik. Mereka mampu mengurung pertahanan Italia untuk beberapa saat. Paling tidak ada enam kali Jerman melakukan usaha yang mengancam gawang Italia yang dikawal Gianluigi Buffon.

Namun, di lain pihak, serangan Italia lebih efektif. Dari empat kali melepaskan, seluruhnya mengarah ke gawang dan dua menghasil gol. Gol pertama lahir dari kepala Mario Balotelli yang menerima umpan akurat Antonio Cassano dari sisi kiri.

Sedangkan gol kedua lahir lewat tendangan keras Balotelli usai memanfaatkan umpan terobosan dari Riccardo Montolivo lewat skema serangan balik yang dilancarkan usai mematahkan tendangansudut Jerman.

Memasuki babak kedua, pelatih Jerman Joachim Loew melakukan perubahan dengan memasukan Marco Reus dan Miroslav Klose yang menggantikan Lukas Podolski dan Mario Gomez.

Tertinggal dua gol, Jerman menggencarkan serangan. Berulang kali mereka mencoba dengan melepaskan tendangan jarak jauh. Peluang terbesar datang melalui tendangan bebas Reus yang mampu dipatahkan secara spektakuler oleh Buffon.

Meski ditekan, Italia justru mendapat peluang emas yang seharusnya bisa membuahkan gol. Seperti peluang yang diperloleh Claudio Marchisio atau Antonio De Natale.

Memasuki akhir babakkedua, Jerman berhasil mempertipis ketertinggalan menjadi 1-2 lewat eksekusi penalti Mesut Oezil menyusul handball Federico Balzaretti.    
 
Jerman (4-2-3-1)
Neuer, Boateng (Mueller 71), Badstuber, Hummels, Lahm, Khedira, Schweinsteiger, Kroos, Ozil, Podolski (Reus (45), Gomez (Klose 45)
Pelatih: Joachim Loew

Italia (4-1-3-2)
Buffon, Balzaretti, Barzagli, Bonucci, Chiellini, Pirlo, De Rossi, Marchisio, Montolivo (Thiago Motta 64), Cassano (Diamanti 58), Balotelli (Di Natale 70)
Pelatih: Cesare Prandelli

Wasit: Stephane Lannoy (Prancis)

Jerman 1-2 Italia
Shots (on goal) 15 (8) – 10 (5)  
Pelanggaran 13 – 19
Tendangan sudut 14 – 0
Offsides 0 – 2  
Ball Possession 54% – 46%
Kartu kuning 1 – 4
Kartu merah 0 – 0

Sumber: beritasatu

  • Uncategorized

Leave a Reply