Kadis Kesehatan Aceh: Harus ada perubahan pelayanan di Puskesmas

KEPALA Dinas Kesehatan Aceh, Taqwallah, meminta kepada petugas Puskesmas di Aceh Tengah untuk meningkatkan pelayanan menyeluruh di setiap Puskesmas.

Kepada ratusan petugas kesehatan, Selasa 25 Juni 2013, di ruang Serba Guna Setdakab Aceh Tengah, Taqwallah mengatakan bahwa Puskesmas sejatinya diperuntukkan bagi kebutuhan masyarakat dan petugas harus melayani masyarakat dengan baik.

"Seperti ruang poliklinik, itu untuk merawat pasien, bukan untuk ruang nongkrong petugas, jangan sampai ada pasien datang tapi tidak dibolehkan masuk oleh petugas," kata Taqwallah.

Dia mengatakan petugas Puskesmas harus memiliki persamaan persepsi dan tidak saling menyalahkan dalam menjalankan tugas. Ia juga meminta agar petugas bisa lebih peduli terhadap kebersihan dan merawat fasilitas puskesmas seperti rumah sendiri.

"Selama ini kebanyakan kita makan gaji buta, kalau ada kerusakan kecil kan bisa diperbaiki tidak harus nunggu datang bupati", katanya lagi.

Lebih jauh untuk menciptakan kenyamanan dan keindahan di lingkungan Puskesmas, Taqwallah mengajak setiap petugas di Aceh Tengah untuk dapat menanam  bunga di setiap Puskesmas.

"Satu orang bawa satu bunga, untuk penebus dosa, karena banyak di antara kita selama ini makan gaji buta," ujar Tawaqallah.

Sebelumnya, berdasarkan penelusuran Kepala Dinas Kesehatan Aceh ini di setiap Puskesmas di Aceh Tengah, banyak terdapat Puskesmas yang dinilainya kurang mendapat perawatan. Kepada para petugas dan kepala Puskesmas yang hadir, Taqwallah langsung menunjukkan bukti berupa rekaman foto.

Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin, yang turut hadir dalam pertemuan itu, mengapresiasi masukan dan saran yang disampaikan Taqwallah. Hal yang sama juga disampaikan Nasaruddin kepada para petugas Puskesmas. Dikatakannya, bahwa petugas Puskesmas harus mulai merubah pandangan dalam bekerja.

"Petugas kesehatan harus lebih peduli terhadap kondisi kesehatan di tengah masyarakat, kadang kala masyarakat kita malu untuk datang ke Puskesmas, saya pernah dapat laporan bahwa ada masyarakat kita yang menderita penyakit kaki gajah dan tidak pernah mendapat perawatan medis," kata Nasaruddin.[](ma)

  • Uncategorized

Leave a Reply