Kabut Asap Selimuti Lhokseumawe, Jarak Pandang Hanya 200 Meter

Kabut Asap Selimuti Lhokseumawe, Jarak Pandang Hanya 200 Meter

LHOKSEUMAWE –  Kabut asap menyelimuti kawasan Lhokseumawe, Kamis, 3 September 2015.  Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lhokseumawe, Muhammad Syifaul Fuad, melihat jarak pandang di Lhokseumawe, Aceh Utara, dan sekitarnya hanya 200 meter.

Pantauan portalsatu.com, kabut asap menyelimuti Kota Lhokseumawe dan sekitarnya sejak pagi tadi.  Salah satu kawasan yang tampak jelas diselimuti kabut asap adalah Waduk Pusong-Keude Aceh, Kecamatan Banda Sakti.

Syifaul Fuad kepada portalsatu.com siang tadi mengatakan, akibat kabut asap, sebagian aktivitas masyarakat tidak berjalan maksimal. Aktivitas penerbangan di Bandara Malikussaleh, Aceh Utara, bahkan terpaksa dihentikan.

Hal ini, menurut Syifaul, sesuai dengan infromasi dari pihak otoritas penerbangan bandara tersebut. “Hari ini penerbangan dihentikan sebab pesawat tidak bisa take off dan landing,” kata Syifaul.

Menurut hasil pantauan BMKG, titik api tersebar di wilayah Sumatera mencapai 279 titik. Untuk Lhokseumawe sendiri, kata dia, kabut asap telah ada sejak 28 Agustus lalu dan paling parahnya hari ini.

BMKG memperkirakan kondisi kabut asap ini akan terus terjadi dua hingga tiga hari mendatang di seluruh wilayah Aceh. “Tapi di akhir September, kondisi ini diprediksi kembali normal dengan prakiraan datangnya hujan yang membuat kabut asap menghilang secara berangsur-angsur,” katanya.

Hingga berita ini diturunkan, terlihat aktivitas di Bandara Malikussaleh lumpuh total. Adapun masyarakat di sebagian wilayah Lhokseumawe, Aceh Utara, dan sekitarnya mulai was-was dengan kondisi kabut asap yang mengganggu aktivitas mereka sehari-hari.[]

Foto ilustrasi kabut asap.

Leave a Reply