Jusuf Kalla: Saya Berani Jamin Pilkada Aceh Pasti Damai

MEDAN – Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla yakin dan optimis, pelaksanaan Pilkada di Aceh yang akan berlangsung 9 April mendatang akan berlangsung sukses. Itu akan terwujud jika semua pihak menjunjung tinggi perjanjian Helsinki.

Pernyataan ini disampaikan Kalla saat menjadi pembicara dalam Seminar Konstruksi Perdamaian Aceh yang digelar di Hotel Emerald Garden, Jl. Putri Hijau Medan, Sumatera Utara, Sabtu (17/3/2012) siang.

Menurut Kalla, pemerintah pusat akan melakukan upaya terbaik menjaga keamanan agar pelaksanaan Pilkada yang digelar secara serentak di Aceh berlangsung sukses.

"Saya mengenal baik karakter, tipikal dan budaya masyarakat Aceh. Walau tergolong keras, tetapi berani bertanggungjawab dan selalu membuka diri untuk berdialog," sebut Kalla.

Kalla juga meyakini, tidak ada riak berarti yang dapat menggagalkan proses Pilkada di Aceh nantinya.

"Saya berani jamin, Pilkada di Aceh nanti tidak ada masalah, karena pergolakan yang ada beberapa waktu lalu adalah indikasi bahwa semua pihak ingin berbuat terbaik untuk Aceh," sebut Kalla.

Kalla juga menyinggung pergolakan yang terjadi di Aceh jelang Pilkada. Rangkaian aksi yang sempat mengusik ketentraman Aceh beberapa waktu lalu, termasuk penembakan yang dialami Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kota (DPRK) Lhokseumawe, Saifuddin Yunus, tidak dapat menjadi tolak ukur kondisi keamanan di Aceh memburuk.

"Itu hanya letupan kecil. Semua akan berjalan lancar jika semua pihak saling menjaga ketentraman bersama," tutup Kalla.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply