Jumlah tenaga honorer di Bireuen 2.012 orang

JUMLAH tenaga honorer di Pemerintah Bireuen mencapai 2.012 orang. Jumlah ini belum termasuk sekitar 400 orang yang baru diterima sebagai tenaga magang dan pelatihan kerja.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bireuen, M Isa, mengatakan 2.012 orang itu terdiri dari honorer kategori II 1.920 orang dan kategori I berjumlah 92 orang. Yang kategori I terbagi lagi dan 31 orang telah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil.

"Sedangkan sisanya 61 honorer kategori I kini sedang dalam pengusulan kembali ke BKN (Badan Kepegawaian Nasional) pusat. Jadi 92 honorer kategori I ini masih menerima honor yang dibebankan ke APBK Bireuen. Sementara kategori II honorer tetapi tidak dibebankan pada APBK Bireuen," ujar M Isa kepada ATJEHPOSTcom, Selasa 5 Maret 2013.

Menurut M Isa, honorer kategori II itu akan diseleksi lagi untuk diangkat menjadi PNS. Tetapi detail dari mekanisme pengangkatan, kata Isa, belum diketahuinya secara jelas.

Isa menjelaskan selama beberapa tahun Pemerintah Bireuen telah meluluskan sekitar tiga ribu honorer yang telah bekerja sebelum 2005 menjadi PNS, sesuai dengan peraturan pemerintah melalui program pemutihan.

M Isa juga mengatakan tenaga bakti yang baru diterima tidak ada kontrak atau ikatan apapun dengan Pemerintah Bireuen.

Tenaga bakti itu, kata dia, disyaratkan menandatangani surat pernyataan tidak menuntut honor dan tidak menuntut diangkat menjadi PNS serta tidak menuntut fasilitas.

Tenaga bakti yang disebut tenaga magang dan pelatihan kerja ini ditempatkan di dinas, badan, kantor, kantor camat dan puskesmas.

Sedangkan jumlah pegawai Pemerintah Bireuen, kata Isa, kini 12.000 orang terdiri dari PNS 9.600 orang dan honorer 2.012 orang serta ratusan bakti murni.[](rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply