Jika jadi presiden, Prabowo sumbang tiap desa 1 miliar pertahun

Ketua Dewan Pembina Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Prabowo Subianto menyatakan, partainya berkomitmen memajukan pembangunan desa untuk mempercepat perekonomian serta pembangunan di desa. Sebab itu, tegas Prabowo, apabila partainya diberi mandat oleh rakyat untuk memimpin bangsa ini pada 2014, maka partai Gerindra sejak saat ini mendeklarasikan setiap desa di seluruh Indonesia mendapat dana dari APBN sebesar Rp 1 milliar.

"Kami putuskan, apabila kami menang, dana langsung diterima desa sebesar Rp 1 miliar minimal satu tahun. Dan itu langsung ke desa dan penggunaannya melalui musyawarah desa," kata Prabowo Subianto dalam Deklarasi Komitmen Partai Gerindra untuk pembangunan desa di kantor DPP Gerindra, Ragunan, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10/2013).

Menurut Prabowo, pendeklarasian tersebut dikarenakan Indonesia punya kapasitas mempercepat pembangunan di desa melalui dana langsung ke desa untuk menggerakan ekonomi rakyat. Sehingga, lanjut Prabowo, komitmen partainya itu tidak mengharapkan imbalan apapun dari komitmen itu.

"Ini keputusan kami, kami tidak meminta apa-apa dan ini sudah kewajiban kami," tegas Prabowo.

Prabowo menjelaskan, dana APBN yang cukup besar tidak sepenuhnya dapat mensejahterakan masyarakat, terutama di pedesaan. Padahal, desa merupakan pintu masuk pembangunan perekonomian Indonesia yang dilihat sebagian besar masyarakat Indonesia tinggal di pedesaan.

"Kami menilai pembangunan ekonomi Indonesia harus dipercepatan karena 60 persen uang beredar di ibukota," jelasnya.

Prabowo menuturkan, APBN harus berpihak kepada masyarakat desa. Sebab itu, tambah Prabowo, APBN 2014 harus diubah pengalokasiannya untuk menjamin kesejahteraan rakyat yang sudah menjadi haknya.

"Ini harus diubah alirannya. Ini juga amanat UUD 1945 untuk memajukan rakyat," pungkasnya.[] sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply