Jerman raih predikat negara paling populer di dunia

STASIUN radio BBC World Service beberapa waktu lalu menyatakan bahwa Jerman menjadi negara yang dinilai positif di dunia pada tahun ini, setelah mensurvei lebih dari 26 ribu orang dari berbagai negara.

Para responden ini diminta untuk menilai 16 negara dan Uni Eropa dan melihat apakah pengaruh negara ini di dunia cenderung positif atau malah negatif, seperti dilansir situs bbc.co.uk, Kamis (23/5).

Jerman menduduki peringkat teratas dengan 59 persen suara yang menyatakan bahwa Negari Bavaria itu dinilai positif. Sementara Iran kembali mendapat predikat negara paling negatif.

Menurut jajak pendapat itu, pandangan masyarakat dunia terhadap negara terpadat di Eropa juga telah meningkat secara signifikan pada 2013.

Jajak pendapat ini dilakukan dengan cara tatap muka dan wawancara melalui telepon, di mana para responden dipilih secara acak di 25 negara. Survei ini dilakukan oleh lembaga survei publik GlobeScan dan PIPA.

Jajak pendapat itu juga menunjukkan bahwa pandangan negara positif untuk China dan India telah menurun secara drastis selama setahun terakhir. Setelah meningkatkan selama beberapa tahun, pandangan terhadap Negeri Tirai Bambu itu anjlok ke level terendah sejak pemungutan suara pada 2005 lalu, dan menempatkan China ke posisi sembilan.

Sementara India menduduki peringkat ke-12 dan mendapat pandangan negatif dengan nilai 35 persen. Pandangan positif terhadap Uni Eropa juga turun ke level terendah pada tahun lalu, namun stabil pada tahun ini dan naik satu tingkat dengan nilai rata-rata 49 persen.

Sedangkan Israel, Korea Utara, Pakistan, dan Iran mendapat nilai terburuk dalam hal bagaimana mereka dilihat oleh masyarakat dunial. Hanya 15 persen responden mengatakan mereka melihat Iran memiliki pengaruh yang positif. | sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply