Jepara belajar tata kelola Pemerintahan Kota Banda Aceh

PEMERINTAH Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, yang dipimpin Bupati Jepara Ahmad Marzuki melakukan studi komprehensif ke Kota Banda Aceh, Rabu 6 Maret 2013.

Ahmad Marzuki mengajak puluhan kepala SKPD, mulai dari Sekda, Kepala Dinas, Kabag, hingga Camat.

Dalam kunjungan itu Bupati Jepara dan rombongan disambut oleh Wali Kota Banda Aceh Mawardy Nurdin dan Wakil Wali Kota Banda Aceh Illiza Sa'adudin Djamal, serta Sekda T. Saifuddin di Aula Lantai IV Gedung A Balai Kota Banda Aceh.

Saat pertemuan di lantai empat Oproom Balai Kota Banda Aceh, Bupati Jepara mengatakan studi komprehensif itu dilakukan setiap tahunan.

"Untuk Aceh, Pemerintah Jepara memilih Banda Aceh sebagai tempat studi lantaran banyak hal yang telah diraih oleh Pemko Banda Aceh," ujar Ahmad Marzuki.

Salah satunya, kata dia, pelayanan kepengurusan izin dalam sistem pelayanan terpadu satu pintu yang selama ini mulai menjadi ikon nasional, karena Banda Aceh berhasil meraih penghargaan berupa Invesment Award.

Menurut Ahmad Marzuki, diperolehnya penghargaan itu bukan sesuatu hal yang biasa. "Ini pasti karena Banda Aceh berhasil dalam memberikan pelayanan kepengurusan izin terhadap para investor yang melakukan penanaman modal di Kota Banda Aceh," ujarnya.

Pemerintah Jepara, kata Ahmad, juga berkeinginan belajar tentang sistem manajemen tata kelola pemerintahan yang baik di Pemerintah Kota Banda Aceh.

Selain itu, kata Ahmad, ia juga mendapat informasi kalau Banda Aceh juga meraih prestasi berupa penghargaan di bidang kunjungan wisata yang disebut dengan Travel Award.

Melihat hal itu, kata dia, Jepara perlu belajar banyak dari Banda Aceh agar dilirik wisatawan nusantara maupun mancanegara.

"Berhasilnya Banda Aceh menjadi daerah kunjungan wisata, pasti karena memiliki strategi bagus dalam menarik wisatawan berkunjung ke kota ini. Maka kami ingin belajar di kota ini tentang cara dan strategi mempromosikan obyek wisata," ujarnya.

Dalam kunjungan itu, kata Bupati Jepara, diharapkan bisa terjalin kerjasama dalam dunia usaha terutama dalam pemasaran produk dari dua daerah.[](rz)

  • Uncategorized

Leave a Reply