Jelang Pilkada, Aceh Bikin Forum Bersama

BANDA ACEH  –  Musyawarah Pimpinan Daerah Aceh beserta Kepolisian Daerah Aceh, warga lokal, warga pendatang, Lembaga Swadaya Masyarakat, dan tokoh masyarakat mengadakan forum bersama untuk membicarakan situasi menjelang pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah pada 16 Februari mendatang.

Forum ini diselenggarakan di Banda Aceh pada Jumat lalu. "Forum ini bertujuan untuk melancarkan Pilkada," kata Kepala Divisi Hubungan Masyarakat, Kepolisian Daerah Aceh, Komisaris Besar Gustav Leo ketika dihubungi, Sabtu 14 Januari 2012.

Dalam forum ini, seluruh elemen masyarakat di Aceh diajak untuk terlibat aktif mengamankan pelaksanaan Pilkada. "Masyarakat diharapkan partisipasinya untuk turut menjaga keamanan di Aceh selama Pilkada," ujar Gustav. Kondisi di Aceh, lanjut Gustav, kini cukup kondusif. Namun, Polda Aceh kini sedang melakukan evaluasi situasi keamanan untuk mengantisipasi kembali terulangnya aksi teror di tanah rencong tersebut. "Kami terus evaluasi situasi keamanan,” kata Gustav.

Dengan makin membaiknya situasi di Aceh, Kepolisian berharap warga pendatang di Aceh tidak sampai meninggalkan wilayah provinsi di ujung Sumatera ini. Gustav mengatakan eksodus warga hanya terjadi di Bireuen. Mereka merupakan pekerja PT Telkom. "Mungkin karena mereka takut ada teman mereka yang terbunuh. Kemarin sudah satu bus, yang dari PT Telkom yang meninggalkan Aceh," kata Gustav.

Situasi Aceh jelang Pilkada memanas. Dalam sebulan terakhir, setidaknya terjadi lima kasus penembakan dan satu kasus pelemparan bom molotov. Aparat masih mengusut pelaku dan motif dari rangkaian kasus tersebut. Beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto menyatakan bahwa teror di Aceh berkaitan erat dengan Pilkada. Mabes Polri berkeras bahwa teror tersebut tidak berkaitan dengan Pilkada. | sumber: tempo.co

  • Uncategorized

Leave a Reply