Jelang Lebaran, Komisi VI DPR Ingatkan Pertamina Soal BBM

Jelang Lebaran, Komisi VI DPR Ingatkan Pertamina Soal BBM

JAKARTA – Komisi VI DPR RI telah megadakan rapat dengar pendapat atau RDP dengan Dirut Pertamina Dwi Soetjipto dan Perusahaan Gas Negara (PGN) diwakili Mochtar Riza Pahlevi Tabrani sebagai direktur keuangan, di gedung DPR, Kamis, 2 Juli 2015. Komisi VI minta tidak terjadi kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) dan gas rumah tangga menjelang hingga usai lebaran.

“Saat RDP itu kita minta mereka agar menjelang lebaran sampai usai lebaran tidak terjadi kelangkaan (BBM),” ujar Fadhlullah, anggota Komisi VI DPR RI dari Gerindra kepada portalsatu.com, Sabtu, 4 Juli 2015.

Fadhlullah menyebut pihaknya juga membahas permasalahan kelangkaan gas rumah tangga di sejumlah daerah. “Bukan hanya saat hari besar agama, seharusnya para penyedia energi tersebut menjaga kontinuitas pasokan agar tidak langka,” kata anggota DPR RI asal Aceh ini yang akrab disapa Dek Fad.

Dalam masa lebaran, kata Fadhlullah, dipastikan kebutuhan BBM dan gas akan meningkat, sehingga kedua perusahaan tersebut harus menghitung dan memasok kebutuhan secara akurat. “Ini tugas negera yang mereka emban dan saat saat begini harus menjamin suasana pelaksanaan ibadah aman dan nyaman,” ujarnya.

Komisi VI juga membentuk panitia kerja (Panja) untuk mengawasi hal ini. “Setelah lebaran, kami akan mengadakan RDP kembali dengan Pertamina dan PGN bersama dengan anak usaha mereka. Ini demi sama-sama memperbaiki hal-hal yang mungkin masih kurang,” kata Fadhlullah.

“Intinya persoalan energi harus menjadi prioritas utama, karena ini mudah menimbulkan gejolak di masyarakat. Kami di Komisi VI mengawasi dan mendapat banyak masukan tentang langkanya gas rumah tangga termasuk di Aceh, termasuk kasus penjualan yang jauh di atas harga ketetapan pemerintah,” ujar dia lagi.

Itu sebabnya, kata Fadhlullah, ke depan Komisi VI DPR akan meminta ESDM dan para BUMN tersebut menjamin ketersediaan dan mencegah terjadi spekulasi yang memberatkan masyarakat.[]

Leave a Reply