Jasdam IM Gelar MTT Bela Diri Militer Yongmoodo

Jasdam IM Gelar MTT Bela Diri Militer Yongmoodo

BANDA ACEH – Jasmani Kodam (Jasdam) IM menggelar Mobile Training Tim (MTT) yang diikuti  18 Satuan segarnizun Banda Aceh dan dua Korem, sejak Senin, 4 Mai 2015 hingga Rabu, 6 Mai 2015. Kegiatan ini juga mrlibatkan 51 pelatih dari satuan yang dipimpin langsung oleh Serka Wardoyo dari satuan Jasdam IM dan Sertu Andi Rahmat dari satuan Rindam IM.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan guna menyamakan persepsi tentang ilmu Bela Diri Militer Yangmoodo, agar dalam pelaksanaan kegiatan dapat dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku, sehingga peserta latihan tidak mengalami cidera yang fatal,” ujar Serka Wardoyo.

Latihan ini dilaksanakan secara bersama-sama dimulai dari gerakan Kuda-Kuda (Kibon Shogi), Pukulan (Jumok), Tendangan (Balchagi), Kuncian (Son Kisul), Jatuhan (Nakbob), Bantingan (Mom Kisul) dan Tekhnik Perwasitan serta Bertarung dalam pertandingan.

Menurut Serka Wardoyo, Yongmoodo merupakan seni beladiri asal Korea Selatan. Yongmoodo telah menyemarakkan keragaman seni beladiri Indonesia sejak 2012 lalu. Sejalan dengan falsafah militer yang menjunjung sportivitas dan patriotisme, beladiri tangan kosong ini telah menjadi seni beladiri wajib di TNI Angkatan Darat sejak 2008.

Yongmoodo sendiri memiliki tujuan positif melatih keberanian serta patriotisme kepada para prajurit sebagai garda terdepan pengamanan terhadap NKRI. Spesifiknya adalah olahraga gabungan dari beladiri perkelahian jarak dekat.

“Memiliki kemampuan bela diri Yongmoodo merupakan suatu keharusan bagi prajurit yang merupakan sarana olahraga untuk menjaga stamina dan kesehatan, sekaligus untuk meningkatkan rasa percaya diri, pengendalian diri dan mental yang kuat sebagai prajurit TNI AD,” ujar Serka Wardoyo.[]

Leave a Reply