Jangan Panik! BPBA Bakal Gelar Simulasi Tsunami dengan Sirene

BADAN Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) akan menggelar simulasi gempa dan tsunami, Minggu, 26 Oktober 2014 mendatang. Simulasi tersebut ditandai dengan membunyikan sirene yang dilakukan serentak di Banda Aceh dan Aceh Besar.

"Kami menghimbau kepada warga Banda Aceh dan Aceh Besar untuk tidak panik karena ini merupakan serangkaian antisipasi dari simulasi bencana," ujar Kepala Seksi Kesiapsiagaan BPBA, Mukhsin Syafii, kepada ATJEHPOST.co di Banda Aceh, Rabu, 15 Oktober 2014.

Menurutnya simulasi yang dilakukan tersebut bermanfaat bagi masyarakat setempat. Selain itu, katanya, simulasi juga berguna bagi instansi pemerintah yang terlibat langsung penanggulangan bencana. Kegiatan ini sekaligus mengevaluasi dan memperbaiki prosedur operasi standar yang digunakan.

Ia berharap mendapat dukungan semua warga Banda Aceh dan Aceh Besar agar mensosialisasikan kepada keluarga dan kerabat yang belum mendapatkan informasi ini. Menurutnya hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penanggulangan resiko bencana gempa dan tsunami.

Adapun lokasi yang dihidupkan sirene secara serentak yaitu Lampulo, Blang Oi, Lam Awe, Kajhu, Lhoknga dan kantor Gubernur Aceh. 

"Kami akan menghidupkannya tepat pukul 09.45 pagi. Jadi kami imbau kepada warga jangan panik dan tetap beraktivitas seperti biasa," ujarnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply