Jangan Jadikan Banda Aceh Seperti Jakarta

Sekarang ini Aceh mengalami perkembangan yang sangat pesat sekali hampir di segala bidang khususnya di Kota Banda Aceh. Sebelum saya memulai maksud dari tulisan saya ini saya ingin mengawali perbandingan agar mudah dipahami oleh pembaca. Kita sebut saja Indonesia ibu kota nya Jakarta dan Propinsi Aceh ibu kotanya Banda Aceh jadi Indonesia = Aceh dan Jakarta = Banda Aceh.

Kita semua mengetahui bahwa kota Jakarta menjadi pusat hampir di segala bidang baik pemerintahan, industri, hiburan, pendidikan, dll maka tidak salah jika seluruh masyarakat Indonesia selalu berhasrat untuk pergi dan mengadu nasib di Jakarta, maka dari itu kota Jakarta penuh sesak dan semeraut, macet, banjir, tidak bisa terelakkan lagi. Begitu juga dengan Banda Aceh yang menjadi pusat kota yg dituju oleh masyarakat Aceh.

Hampir seluruh aspek bertumpu di Banda Aceh sehingga ini menarik masyarakat untuk berbondong-bondong pindah dan tinggal di Banda Aceh. Mereka ke Banda Aceh ada yg bertujuan untuk mencari pekerjaan karena memang di Banda Aceh lah terdapat banyak lowongan pekerjaan ditambah lagi minat wirausaha masyarakat Aceh masih kurang.

Setiap setahun sekali Banda Aceh juga diserbu oleh para siswa yang ingin melanjutkan kuliah di Universitas-Universitas yang ada di Banda Aceh, ini juga karena di daerahnya tidak memiliki Universitas yg berkualitas seperti di Banda Aceh. Untuk soal Hiburan hampir seluruh Event-event menarik dan tempat-tempat hiburan ada di Banda Aceh, jangan sesekali menyepelekan soal hiburan ini karena dengan banyaknya suatu hiburan di suatu daerah maka tentu akan membuat masyarakat setempat betah tinggal di daerah tersebut belum lagi di beberapa daerah di Aceh susah untuk memperoleh izin membuat suatu acara.

Jika ini dibiarkan bukan tidak mungkin 10 tahun kedepan Kota Banda Aceh akan seperti Kota Jakarta yang padat akan penduduk, macet, serta masalah-masalah yang lainnya. Untuk saat ini saja sudah terlihat tanda-tanda kemacetan di beberapa ruas jalan di Banda Aceh khususya Pagi dan Sore hari. Disini saya tidak mengatakan Kota Banda Aceh salah, justru Kota Banda Aceh telah melakukan hal yg benar dengan terus melakukan perbaikan dan terobosan-terobosan yg semakin membuat Kota Banda Aceh terus berkembang.

Justru ini adalah tugas dari Pemerintah Aceh untuk melakukan pemerataan di setiap daerah dan juga menjadi PR bagi setiap daerah untuk melakukan perbaikan di daerahnya masing-masing agar bisa berkembang. Permintaan pemekaran dibeberapa daerah juga mungkin dikarenakan karena Pemerintah Aceh dianggap tidak berlaku adil.

Ketika kita memberikan sebuah opini (kritikan) maka haruslah disertakan dengan saran-saran yang membangun karena kritikan tanpa saran hanyalah omong kosong belaka, jadi ini konsep sederhana untuk mengembangkan daerah  kepada Pemerintah Aceh dan beberapa Kabupaten/Kota yg ada di Aceh :

  1. Universitas yang berkualitas

Pendidikan yang baik adalah keinginan semua orang maka dari itu jadikanlah Kampus-Kampus yang ada di daerah masing-masing menjadi Universitas yang berkualitas dan diminati oleh calon-calon Mahasiswa karena dengan adanya Universitas yang berkualitas maka minimal penduduk setempat tidak keluar ke daerah lain untuk mencari Universitas yang layak karena pendidikan merupakan aset masa depan dan maksimalnya adalah bisa mendatangkan masyarakat dari daerah lain untuk masuk Universitas di daerah tersebut. Contoh daerah yang telah melakukannya adalah Kabupaten Bireuen dan Kota Lhoksumawe dengan Univeristas Al-Muslim, Unimal, dan Politehnik.

  1. Maksimalkan Tempat Wisata dan Hiburan

Tempat Wisata merupakan salah satu alasan seseorang untuk datang ke suatu daerah, maka dari itu maksimalkanlah potensi wisata yang ada di daerah dan jadikan tempat wisata menjadi tempat yang menarik dan layak dikunjungi. Buatlah tempat wisata yg kreatif dan tidak monoton jika itu di pantai maka bisa ditambahkan permainan banana boat dan lainnya jadi jangan biarkan hanya alam terbuka saja. Untuk hiburan diharapkan pemerintah daerah lebih leluasa dalam memberikan perizinan karena dengan adanya hiburan dipastikan masyarakat akan terhibur dan betah tinggal di daerahnya sehingga tidak mencari hiburan ke daerah lain. Minimalnya adalah membuat masyarakat setempat betah dan terhibur, dan maksimalnya adalah setiap akhir pekan atau hari libur akan banyak datang para wisatwan. Contoh daerah yang  sudah berhasil memaksimalkan tempat wisata dan hiburan di daerahnya adalah Kota Sabang dan Takengon.

  1. Belanjakan Uang Anda di Daerah Anda Sendiri

Bagian ini saya tujukan untuk setiap individu, ya ketika anda ingin berbelanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maka ada baiknya berbelanjalah di daerah/kota anda sendiri dengan begitu perputaran ekonomi akan terjadi dengan baik dan juga jika perputaran ekonomi terjadi tentu para investor akan datang dengan sendirinya.

Contoh kecilnya adalah jika anda ingin berbelanja kebutuhan sehari-hari mulailah dari warung terdekat rumah anda jika tidak ada maka belilah di pasar atau supermarket. Contoh Besarnya adalah ketika anda ingin membeli Mobil, HP, pakaian dll yang nominalnya agak besar maka belilah di Kota/kabupaten anda sendiri jika tidak ada coba cari di daerah-daerah lain yang masih di kawasan Aceh.

Dalam Point ini saya tidaklah melarang anda untuk berbelanja di Kota lain misal di Medan tapi ada baiknya berbelanjalah di daerah sendiri dulu jangan karena hanya gengsi maka membeli di luar daerah dengan begitu perputaran dan pertumbuhan ekonomi tetap terjaga. Sekarang ini pada umumnya masyarakat Aceh sangat ketergantungan dengan Medan dan Malaysia. Nah disini juga peran produsen di Aceh sangat diharapkan dalam menjual barang haruslah efesien dalam menentukan harga karena konsumen pasti akan mencari barang yang bagus dan terjangkau.

Setelah semua uraian di atas maka bisa saya simpulkan untuk memajukan daerah maka kerjasama Pemerintah Aceh dan Pemerintah Daerah sangat diperlukan, Pemerintah Aceh baiknya memberikan arahan-arahan dan Pemerintah Daerah yang melaksanakannya dan juga Pemerintah Daerah janganlah terlalu manja dan harus bisa mandiri.

Teori saya adalah dengan semakin banyak penduduk dan pendatang di suatu daerah maka pertumbuhan ekonomi daerah tersebut akan baik karena Produsen ada karena adanya konsumen. Semakin bertumbuhnya ekonomi disuatu daerah maka daerah tersebut akan berkembang pesat. Semoga tulisan ini bermanfaat.[]

 

*TEUKU MUAMMAR QHADAFI TUWASZA adalah Wirausahawan dan Duta Wisata Kabupaten Pidie 2012

 

  • Uncategorized

Leave a Reply