Jaksa Agung Mesir perintahkan Mursi ditangkap

KEJAKSAAN Agung Mesir dikabarkan telah mengeluarkan perintah penangkapan terhadap mantan Presiden Muhammad Mursi atas dugaan berhubungan dengan Hamas. Menurut media milik pemerintah, pemimpin Ikhwanul Muslimin itu sudah dimintai keterangan dan dikonfrontir dengan bukti.

Stasiun televisi Russia Today melaporkan, Jumat (26/7), Mursi nantinya akan ditahan selama 15 hari dan akan diinterogasi atas kecurigaan berkolaborasi dengan Hamas demi membantu dan mengatur pelarian dirinya dari penjara pada awal 2011 lalu, seperti dikutip kantor berita Mena.

Selama terjadinya pemberontakan untuk menggulingkan mantan Presiden Husni Mubarak dua tahun lalu, ada sejumlah serangan terhadap polisi yang dimaksudkan untuk membebaskan para tahanan dari kelompok Islamis dan politik.

Tuduhan terhadap presiden 61 tahun itu juga termasuk tudingan pembunuhan terhadap perwira dan tahanan, serta penculikan tentara.

Mursi telah ditahan di lokasi yang tidak diketahui keberadaannya sejak dia digulingkan dari tampuk kekuasaannya pada 3 Juli lalu oleh militer.Ikhwanul Muslimin telah mengutuk penahanan Mursi sebagai kembalinya rezim Mubarak.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Ban Ki-moon, menyatakan bahwa pihaknya telah mendesak militer Mesir untuk membebaskan Mursi bersama dengan pemimpin Ikhwanul Muslimin lainnya tanpa penundaan. | sumber: merdeka.com

 

  • Uncategorized

Leave a Reply