Jadi Tuan Rumah APEC 2013, RI Kebut 4 Proyek Infrastruktur

JAKARTA – Indonesia akan menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Asia Pacific Economic Cooporation (KTT APEC) tahun 2013. Hajatan besar ini mendorong pemerintah berbenah dengan mempercepat pembangunan dan merenovasi beberapa infrastruktur di Bali, sebagai lokasi KTT APEC tahun depan.

"Sekarang sedang ada renovasi perluasan Bandara Ngurah Rai sekarang sedang konstruksi, yang kedua adalah jalan tol Nusa Dua (di atas laut) harus selesai sebelum APEC," ungkap Public Relations Officer PT Jasa Marga Bali Tol, Drajad H Suseno saat dihubungi detikFinance, Minggu (9/9/12).

Selain itu, pembangunan Underpass Dewa Ruci pun sedang dikebut penyelesaian konstruksinya. "Yang ketiga adalah underpass Dewa Ruci dan yang keempat adalah lokasi penyelenggaraan APEC itu, yaitu Conference Hall (Nusa Dua)," tambahnya.

Ia mengatakan, keempat proyek ini ditargetkan harus selesai sebelum konferensi ekonomi terbesar se-Asia Pasifik itu digelar. "Sebelum APEC itu harus selesai, kami, para dinas perhubungan dan yang berkepentingan harus mempresentasikan mengenai progres kami," katanya.

Khusus untuk Jalan Tol Nusa Dua-Tanjung Benoa, saat ini Drajad mengatakan, proses konstruksi memasuki minggu ke-27. Perkembangan konstruksi masih mencapai 25%. Sedangkan penyelesaian proyek ini ditargetkan pada minggu ke-61 atau bulan April tahun depan.

"Progresnya 25%, nanti pada 75% progressnya akan tercatat pada minggu ke-46, diharapkan pada April 2013 semua akan 100%. Dan akan mulai beroperasi untuk publik pada Juli 2013," paparnya.

Seperti diketahui tahun depan Indonesia akan menjadi tuan rumah KTT APEC September 2013, lokasinya akan digelar di Nusa Dua Bali. Sedangkan tahun ini KTT APEC sedang berlangsung di Rusia. | sumber: detik

  • Uncategorized

Leave a Reply