Isra Mi’raj; Saat Nabi Muhammad Menerima Perintah Salat

Isra Mi’raj; Saat Nabi Muhammad Menerima Perintah Salat

ISRA dan Mi’raj. Inilah perjalanan bersejarah Nabi Muhammad. Sekaligus peristiwa agung bagi umat Muslim di muka bumi. Sebab, dalam peristiwa itulah Allah memberikan perintah salat lima waktu kepada Nabi Muhammad untuk dijalankan umat muslim.

Isra merupakan perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekah menuju Masjidil Aqsa di Jerusalem. Sementara, Mi’raj adalah perjalanan Nabi dari bumi menuju Sidratul Muntaha, langit ke tujuh yang merupakan tempat tertinggi.

Dua perjalanan ini ditempuh hanya dalam waktu satu malam. Dalam berbagai kisah disebutkan bahwa dalam perjalanan itu Nabi Muhammad menunggang Buraq. Makhluk yang digambarkan menyerupai kuda yang bersayap.

Setelah tiba di Masjidil Aqsa, Nabi Muhammad mengerjakan salat sunah dua rakaat. Dikisahkan dalam salat tersebut Nabi Muhammad menjadi imam bagi para nabi dan rasul. Sebelum akhirnya Nabi Muhammad Mi’raj menuju ke langit ke tujuh.

Saat melakukan Mi’raj ke Sidratul Muntaha, Nabi Muhammad ditemani oleh Malaikat Jibril. Di sanalah Nabi mendapat perintah untuk mengerjakan salat 50 kali dalam sehari. Namun Nabi kemudian memohon keringanan untuk umat Muslim. Hingga akhirnya Allah memerintahkan salat wajib lima waktu dalam sehari semalam.

Peristiwa Isra Mi’raj ini terjadi saat Nabi Muhammad dirundung duka. Saat Nabi mengalami masa-masa sulit dalam penyebaran ajaran Allah. Dalam masa sulit itu istri tercinta Nabi, Khadijah, meninggal dunia.

Terdapat beberapa pendapat tentang waktu terjadinya Isra Mi’raj ini. Namun sebagian besar ulama berpendapat peristiwa ini terjadi pada periode akhir kenabian di Mekah. Sebelum Nabi Muhammad hijrah ke Madinah. Mayoritas ulama berpendapat Isra Mi’raj terjadi pada tahun pertama sebelum hijrah, yaitu antara tahun 620-621 M.

Sementara, ulama al-Allamah al-Manshurfuri, mengatakan Isra Mi’raj terjadi pada malam 27 Rajab pada tahun ke-10 kenabian. Dan pendapat inilah yang populer hingga kini. Dan setiap 27 Rajab, umat Islam, terutama di Indonesia melakukan peringatan Isra Mi’raj. Dan tahun ini bertepatan pada hari, tanggal 16 Mei 2015.[] sumber: Dream.co.id

Leave a Reply