Ismail Gagal Berangkat Haji Karena Meninggal

Ismail Gagal Berangkat Haji Karena Meninggal

REDELONG – Ismail, 76 tahun, warga Bener Kalifah Selatan, Bener Meriah, gagal berangkat ke tanah suci karena ia telah meninggal dunia setelah beberapa hari digelar manasik haji Agustus lalu.

Kepala Kantor Kemenag Bener Meriah, melalui staf Penyusun Dokumen Haji, Samsuar, mengatakan biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) batal berangkat atas nama Ismail juga telah diajukan.

“Kalau penyebabnya kami tidak tahu. Keluarga hanya melaporkan bahwa yang bersangkutan (Ismail-red) telah meninggal dunia. Kala Manasik pada akhir Agustus bulan lalu, Ismail masih dalam kondisi sehat,” katanya kepada portalsatu.com.

Porsi atau kuota haji atas nama Ismail, kata Samsuar, juga telah dikembalikan ke Kanwil Kemenag Aceh. Kewenangan mengisi atau menggantikan JCH lain pada porsi almarhum Ismail, sebut Samsuar, sepenuhnya berada di tangan Kanwil Kemenag Aceh.

“Kanwil Aceh belum tentu menggantikan JCH dari Benar Meriah untuk menggantikan posri almarhum Ismail, bisa saja dari jch dari kabupaten lain,” katanya. [] (MAL)

Leave a Reply