Irwan Djohan Ajak Semua Pihak Hemat Anggaran Aceh

WAKIL Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Teuku Irwan Djohan mengajak semua elemen masyarakat untuk bisa duduk bersama membahas cara membangun Aceh secara bijaksana. Menurutnya selama ini penggunaan anggaran belum efisien dan banyak program yang terkesan hanya untuk menghambur-hamburkan uang saja.

“Sekarang kita masih punya Otsus. Jadi kita harus pikir masa depan Aceh selagi uang masih banyak, ketika Otsus tidak lagi diberikan untuk Aceh, bagaimana nasib Aceh ke depan?” ujar Irwan Djohan kepada ATJEHPOST.co di ruang kerjanya, Selasa malam, 13 Januari 2015.

Politisi Nasdem ini menilai, SKPA selama ini tidak menggunakan anggaran secara bijak. Keadaan seperti itu terlihat saat pembahasan Kebijaka Umum Anggaran Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS)

“Lebih dari 50 persen APBA untuk kebutuhan aparatur, sementara untuk belanja publik hanya sedikit. Bayangkan kalau Aceh nanti tidak lagi ada (memiliki) dana Otsus,” katanya.

Menurut Irwan Djohan, memulai penghematan anggaran bisa dimulai dari kantor Gubernur Aceh, diikuti kantor DPR Aceh serta SKPA lainnya. Ia mengatakan sudah saatnya diberlakukan penghematan anggaran mengingat dana Otsus hampir habis.

“Untuk tahun 2015 ini, DPR Aceh sudah mulai melakukan penghematan anggaran melalui pembahasan KUA PPAS,” katanya.

Ia mengatakan Aceh merupakan salah satu provinsi yang banyak memiliki Satuan Kerja Perangkat Daerah dan badan. Kondisi ini membuat banyak anggaran daerah terkuras.

“Banyak SKPA namun perannya kurang,” ujarnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply