Inilah Penyakit Misterius yang Menewaskan Anak-anak di Kamboja

Para ilmuwan di Kamboja mengatakan mereka telah mengidentifikasi penyakit misterius yang telah menewaskan puluhan anak-anak dalam tiga bulan terakhir.

Institut Pasteur di Phnom Penh, ibukota Kamboja, hari Minggu 8 Juli 2012 mengumumkan bahwa tes menunjukkan penyakit yang telah menyebabkan kematian 64 anak dan rawat inap sebanyak 66 orang adalah Enterovirus 71.

Menurut peneliti virus ini adalah strain penyakit tangan, kaki dan mulut (HFMD) yang tersebar luas di Asia, tetapi tidak biasanya ditemukan di Kamboja.

HFMD adalah penyakit manusia yang disebabkan oleh virus usus, dan tidak akan menutup kemungkinan akan menjalar ke kaki dan mulut .  penyakit ini biasanya hanya mempengaruhi hewan. Anak yang terinfeksi umumnya menderita demam tinggi, ruam, pernapasan dan masalah pada saraf.

Dalam 64 dari 66 kasus, kesehatan anak-anak memburuk lebih cepat dari yang diperkirakan oleh dokter. Ini adalah salah satu alasan mengapa penyakit itu sulit diidentifikasi, karena Enterovirus 71 biasanya tidak menyebabkan kematian cepat seperti itu.

Beat Richner, pendiri rumah sakit anak Kantha Bopha, adalah orang pertama yang begitu fokus tentang penyakit mematikan ini.

Richner mengatakan semua pasien yang meninggal dirawat di klinik swasta di wilayah setempat sebelum sempat dibawa ke rumah sakit Bopha Kantha di ibukota dan provinsi barat laut Siem Reap.

"Mereka semua mendapatkan suntikan atau infus oleh klinik swasta sebelum datang ke kami," katanya. "Beberapa meninggal empat jam setelah tiba."

Belum ada obat untuk Enterovirus, tetapi dokter menyarankan untuk menjaga kebersihan terutama bagi anak-anak.

Badan Kesehatan PBB dan Pejabat Kamboja mendesak orang tua untuk membawa anak mereka yang sakit ke rumah sakit jika mereka melihat tanda-tanda adanya penyakit yang tidak biasa.

Sampai saat ini, belum ada kasus yang dilaporkan terjadi di luar Kamboja.|sumber: aljazeera

  • Uncategorized

Leave a Reply