Ini yang Harus Anda Persiapkan Jelang Lebaran

SILATURAHMI ke keluarga, kerabat, juga kolega menjadi aktivitas rutin saat Hari Raya Idul Fitri. Bahkan, momen ini juga kerap dilakukan oleh beberapa keluarga untuk menjamu para tamunya lewat open house.

Membahas soal hari Lebaran, sama artinya dengan membahas angpau dan ketupat. Duo tradisi ini kerap mewarnai keluarga Indonesia. Belum lagi jajaran stoples berisi aneka kue kering di meja tamu yang selalu menggoda selera. Ada kaastengels, nastar, putri salju, semprit, atau lidah kucing. Berikut yang harus Anda persiapkan untuk hal tersebut:

Kue Kering

Apalah arti stoples cantik jika tanpa kehadiran isi di dalamnya. Bukan hanya peningkatan penjualan saat menjelang Lebaran, tapi ragam kue kering pun kini makin bervariasi. Saat ini Rainbow Cookies menjadi tren dan hampir semua toko kue menjual kue kering pelangi ini. Namun, kue klasik seperti sagu keju, nastar, dan kaastengels pun masih tetap eksis.

Tips:

* Jika Anda akan memesan kue kering pada industri rumahan, sebaiknya cicipi dahulu tester yang ditawarkan. Jangan tergoda hanya pada penampilannya saja dan kecewa nantinya.
* Waktu yang baik membeli kue kering adalah satu minggu menjelang Lebaran.  
* Perhatikan juga tanggal kedaluwarsa dan komposisi bahan yang digunakan.

Stoples Cantik

Tak perlu membeli stoples baru untuk menampilkan sesuatu yang baru. Stoples lama juga masih bisa tetap eksis di meja tamu. Sentuhan aksesori sarung yang terbuat dari rajutan atau manik-manik juga dapat membuat stoples tampil lebih cantik.

Tips:

* Pilihlah stoples yang kedap udara untuk menjaga kualitas kue sehingga tetap renyah.
* Agar tampilan kue lebih cantik, alasi dengan cup kertas warna-warni untuk alas kue.
* Cucilah stoples terlebih dahulu sebelum digunakan dan sekalah hingga kering untuk membersihkannya dari debu dan kotoran.
* Jika menggunakan stoples plastik bening, Anda dapat menghiasinya dengan lukisan cat air sehingga lebih atraktif.

Hidangan Hari Raya

Kehadiran ketupat memang sangat dinantikan di hari raya. Tak hanya dengan sayur godog, namun komplet dengan makanan pendamping seperti rendang, opor, sambal goreng hati, acar, dan emping.
Selain membuatnya sendiri dengan resep warisan keluarga, kini banyak keluarga yang tak ingin repot.

Entah karena alasan kepraktisan, banyak yang lebih memilih untuk memesannya yang sudah siap santap. Bagaimana pun caranya, tak afdal jika ketupat dan teman-temannya ini tak hadir di meja makan saat Lebaran.

Tips:

* Jika hendak memesan ketupat dari katering, pesanlah jauh-jauh hari, minimal 10 hari sebelumnya. Anda tak mau 'kan jika gagal menikmati ketupat saat hari raya?

* Untuk pemilihan tempat pemesanan, jangan hanya percaya pada omongan orang. Anda harus mencicipinya dahulu agar sesuai dengan selera Anda.

* Pastikan Anda berkunjung ke lokasi katering yang Anda tuju, untuk menjamin kebersihan dan rasa dari makanan.

* Sebelum pemesanan, perhatikan jumlah porsi yang Anda perlukan, jangan sampai berlebih atau malah kekurangan.[] sumber : viva

  • Uncategorized

Leave a Reply