Ini Tips Jalani Ibadah dari Inong Duta Wisata Aceh Utara

Ini Tips Jalani Ibadah dari Inong Duta Wisata Aceh Utara

LHOKSEUMAWE – Bulan Puasa tak harus dijalani dengan bermalas-malasan. Ada banyak cara untuk tampil enerjik. Hal inilah yang diungkapkan gadis bernama Aflia Riski, Inong Duta Wisata Aceh Utara 2014 saat dijumpai portalsatu.com, Senin, 22 Juni 2015.

Aflia Riski lebih suka disapa dengan sebutan Iki. “Kalau bisa jangan banyak minum yang dingin. Pengalaman Iki pribadi kalau banyak minum minuman dingin efeknya lemas waktu puasa,” ujar dara cantik ini.

Menurutnya, tiap orang pasti punya cara yang berbeda supaya tetap bugar selama puasa.

“Tapi kalau bagi Iki sendiri supaya tetap bugar selama puasa harus banyak minum air putih setelah buka puasa dan waktu sahur,” kata gadis kelahiran 17 Agustus 1992 ini.

“Dengan minum air putih, kekurangan ion tubuh kita tergantikan selama kita puasa, waktu buka puasa juga sebaiknya  minum yang manis-manis. Karena kan selama seharian kita gak ada asupan energi, jadi waktu berbuka puasa minuman manis itu akan memberikan  kita energi lagi nantinya,” ujarnya lagi.

Katanya, seseorang harus minum air putih yang cukup pada saat sahur, buka puasa, dan malam hari. Selain itu, juga minum jus atau air manis seperti teh atau susu untuk menjaga stamina tubuh serta makan buah-buahan dan sayuran.

“Ketika telah melakukan seperti ini yakinlah, pasti terbukti  kita jadi tetap bugar saat beraktivitas di siang harinya. Makanlah makanan  secukupnya dan jangan berlebihan karena makan terlalu banyak justru akan membuat tubuh kita mudah lelah,“ kata Iki yang saat ini sibuk konsen dengan skripsinya.

Iki yang juga mahasiswi semester delapan Jurusan Ilmu Administrasi Negara, Universitas Malikussaleh ini, menambahkan selama puasa perbanyaklah  ibadah kepada Allah swt., dan sempatkan untuk tidur sejenak, serta melakukan aktivitas kerja seperti biasanya tanpa ada rasa terbebani.

“Membagi waktu antara kerja dengan aktivitas ibadah selama bulan puasa ini sebenarnya gampang, pada dasarnya kegiatan positif apa pun yang kita lakukan merupakan ibadah. Namun, tetap sediakan waktu untuk perbanyak ibadah wajib dan sunnah selama Ramadan,” katanya. [] (mal)

Leave a Reply