Ini Tempat-tempat Wisata di Lintas Timur Aceh

LINTAS timur Aceh menyimpan banyak potensi wisata yang bisa dikunjungi saat lebaran atau tempat melepas penat ketika sedang dalam perjalanan mudik. Objek-objek wisata ini sebagian besar berada tidak jauh dari pinggir Jalan Banda Aceh-Medan. Berikut beberapa tempat wisata di lintas timur Aceh:

Taman Rusa
Taman ini merupakan tempat wisata keluarga yang memiliki wahana bermain anak dan kolam renang. Wahana wisata ini bertepatan di Jalan Banda Aceh Medan, dan masuk ke dalam Pasar Sibreh, Aceh Besar. Taman rusa merupakan tempat yang pas untuk rekreasi. Selain itu juga ada makanan-makanan khas Aceh.

Masjid Indrapuri
Lokasi Masjid Indrapuri terletak sekitar 150 meter dari tepi Sungai Krueng Aceh, Kecamatan Indrapuri, Aceh Besar. Jarak masjid dengan Kota Banda Aceh, kurang lebih 25 kilometer. Dari Banda Aceh dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi dalam waktu sekitar 30 menit.

Makam Teungku Chik Di Tiro
Teungku Chik Ditiro adalah Pahlawan Nasional yang berasal dari Aceh. Perjuangannya melawan penjajah Belanda dikenal dengan nama Perang Sabil. Makam Chik DI Tiro terletak di Desa Mureu Lam Glumpang, Indrapuri, Aceh Besar.

Pantai Cermai Pidie Jaya
Wisata alam Pantai Cermai terletak di persimpangan jalan Banda Aceh- Medan ketika masuk wilayah Pidie Jaya. Hamparan pohon kelapa di pinggir pantai tentu cocok sebagai tempat singgah ketika terik matahari menyengat.

Guha Tujoh
Guha Tujoh merupakan gua unik dan fantastik yang memiliki satu pintu utama. Namun di dalamnya, gua ini memiliki tujuh cabang. Lokasi gua ini berada di Laweueng Kecamatan Muara Tiga, Pidie.

Pantai Krueng Juli
Wisata alam ini menjadi tempat wisata favorit bagi masyarakat setempat. Terletak di Jalan Lhok Awe, Krueng Juli, Kecamatan Kuala, Bireuen.

Batee Iliek
Wisata alam ini berupa sungai berbatu yang dialiri air jernih. Di pinggir lokasi wisata ini juga dilengkapi warung-warung makan untuk memanjakan lidah.

Pantai Sawang
Pantai ini menawarkan pesona alam eksotis dan amat indah terutama sore hari ketika matahari tenggelam. Jarak tempuh pantai ini sekitar 29 kilometer dari Kota Lhokseumawe. Letaknya di Desa Sawang Kecamatan Samudra, Aceh Utara.

Pantai Krueng Geukuh
Pantai di Aceh Utara ini merupakan pantai indah dan bersih di antara pantai lainnya. Masyarakat setempat sangat peduli akan keindahannya. Kita juga bisa melihat nelayan tradisional beserta perahu yang akan menangkap ikan.

Pantai Ujong Blang
Letak pantai ini sekitar tiga kilometer dari Kota Lhokseumawe.

Pantai Kuala Parek
Terletak di Desa Kuala Parek, Kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur, atau sekitar tujuh kilometer dari jalan Banda Aceh-Medan.

Pantai Kuala Beukah
Wisata pantai berpasir putih yang terletak di Desa Paya Lipah, Kecamatan Peureulak. Jarak tempuh sekitar 44 kilometer dari ibukota Aceh timur.

Pantai Kuala Penaga
Wisata alam ini terletak di Desa Penaga, Kecamatan Seruway, Aceh Timur.  Jarak tempuh sekitar 30 kilometer dari Kota Kuala Simpang, Aceh Tamiang.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply