Ini saat asyik melihat supermoon malam ini

SUDAH tahu malam ini akan ada supermoon? Fenomena ini hanya terjadi setahun sekali, jadi sangat disayangkan kalau dilewatkan begitu saja. Apakah sudah tahu kapan waktu yang tepat untuk menyaksikan posisi bulan pada jarak terdekat dengan bumi atau perigee?

Dikutip dari situs kafeastronomi pada pukul 18:09 WIB sore nanti bulan akan mencapai jarak terdekatnya dengan bumi pada jarak 357.000 kilometer. Jika dilihat dengan mata telanjang supermoon akan terlihat seperti purnama biasa. Tetapi jika menggunakan teleskop yang dilengkapi dengan instrumentasi pencitraan seperti kamera DSLR dan CCD hasilnya akan tampak berbeda.

Saat supermoon, diameter bulan tampak lebih besar daripada saat purnama biasa. Situs tersebut menuliskan untuk pengamatan bisa dilakukan selepas matahari terbenam hingga matahari terbit. Bulan akan terbit dari ufuk timur pada pukul 17:27 WIB dan terbenam di ufuk bara pada tanggal 24 Juni pukul 06:20 WIB. Dengan begitu Anda bisa menyaksikan supermoon semalam penuh pada tahun ini.[] ihn

Berita sebelumnya:

Kembali muncul malam ini, apa itu supermoon?

Supermoon akan kembali muncul malam ini

  • Uncategorized

Leave a Reply