Ini rincian usulan APBA Perubahan 2013

PENAMBAHAN anggaran yang diajukan kedalam APBA Perubahan 2013 senilai Rp593,517 miliar berasal dari beberapa sumber. Mulai dari proyeksi Pendapatan Asli Aceh seperti  retribusi dan lain-lain, PMK atau dana dari pusat yang baru akan diberikan pada bulan Oktober serta Sisa Lebih Penggunan Anggaran (SILPA) tahun 2012.

"PMK ini begini dia. Anggaran pusat diberikan kepada kita tapi biasanya itu baru bisa dicairkan pada bulan Oktober atau November. Angka sebelumnya kita pakai proyeksi. Proyeksi kita optimis, meski ada juga selalu selisih," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Aceh Abu Bakar A Karim kepada ATJEHPOSTcom pada Selasa, 13 Agutus 2013.

Menurutnya, APBA Perubahan yang berasal dari SILPA 2012 berjumlah sekitar Rp340 miliar. Angka tersebut didapatkan setelah dana SILPA tahun 2012 senilai Rp1,9 triliun lebih dikurangi dengan pemakaian dalam APBA murni 2013 senilai Rp1,6 triliun.

"SILPA tahun 2012 itu Rp1,9 triliun lebih, kita pakai di anggaran murni tahun 2013 itu sekitar Rp1,6 trilun, jadi ada sisa dia itu sekitar Rp340 miliar lebih. Nah itu lagi yang kita masukkan," ujarnya.

Sedangkan sumber lainnya, kata dia, berasal dari dana in out. Dana tersebut merupakan dana singgah pada APBA yang kemudian kembali dipergunakan untuk program yang telah direncanakan.

Dana itu adalah dana Balai Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Zainal Abidin senilai Rp121 miliar, Rumah Sakit Ibu dan Anak Rp47 miliar dan Rumah Sakit Jiwa senilai Rp23 miliar.

"Jadi ini hanya mampir dia. Kita terima sebagai pemasukan, sebagai pendapatan, masuk ke dalam APBA kemudian keluar lagi kesitu dia, tidak boleh ketempat lain. Karena itu semata-mata untuk pelayanan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) serahkan Kebijakan Umum Anggaran Prioritas Platforn Anggaran Sementara APBA Perubahan 2013 kepada DPR Aceh pada Selasa, 12 Agustus 2013. Penyerahan usulan APBA Perubahan dari eksekutif ini dilakukan di ruang kerja Ketua DPR Aceh Hasbi Abdullah sekitar pukul 09.30 WIB.

Pantauan ATJEHPOSTcom, Tim TAPA yang hadir antara lain Asisten Tiga Setda Aceh Muzakkar A Gani, Kepala Bappeda Abu Bakar Karim dan Kepala Dinas Keuangan Azhari.[] (bna)

  • Uncategorized

Leave a Reply