Ini Rincian Dana Perbaikan Mobil Dinas 2011 Sekretariat Daerah Aceh Utara

LHOKSEUMAWE – Pemerintah Aceh Utara pada 2011 telah menghabiskan dana Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten sebesar Rp7,3 miliar untuk memperbaiki dan mengganti suku cadang mobil dinas. Berikut salah satu realisasi dana tersebut yang berhasil di dapatkan The Atjeh Post pada bagian umum dan perlengkapan Sekretariat Daerah Aceh Utara.

Per 31 Desember 2011 Sekretariat Daerah Aceh Utara telah mengusulkan dana Rp3,2 miliar untuk perawatan, perbaikan serta belanja bahan bakar minyak kepada 54 mobil dinas di lingkup Setda.

Namun dari sejumlah angka tersebut, realisasi penggunaan anggaran hanya mencapai Rp1.6 miliar. Sedangkan anggaran yang masih tersisa Rp1.5 miliar.

Pengakuan A Hamid, Kepala Bagian Umum dan Perlengkapan Setdakab Aceh Utara, kepada The Atjeh Post, Selasa 28 Agustus 2012, sisa dana tersebut semuanya tersimpan pada kas daerah.

Secara rinci dari catatan yang diberikannya terhadap 54 mobil dinas yang ada di sekretariat daerah, tercatat honorium tim pelaksana teknis Rp10,5 juta, belanja peralatan kebersihan dan pembersih Rp28 juta, belanja bahan bakar minyak atau gas dan pelumas Rp1.02 miliar, belanja jasa servis Rp105 juta, belanja pergantian suku cadang Rp436 juta, serta belanja surat tanda nomor kendaraan, PKB dan BBN-KB Rp10 juta.

Sedangkan perincian dana perbaikan 200 unit mobil yang telah diperbaiki, kata A Hamid, dikembalikan kepada masing-masing dinas.

Menurut A Hamid di Pemerintahan Aceh Utara sendiri ada 385 mobil dinas di 33 dinas dan instansi termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Aceh Utara.

Sebelumnya, Koordinator Masyarakat Transparansi Aceh Alfian menilai dana perbaikan dan pembelian suku cadang baru pada mobil dinas di lingkup pemerintah Kabupaten Aceh Utara senilai Rp7,3 miliar pada 2011 sangat tidak masuk akal.

Menurutnya, dana sebesar itu tidak mungkin habis kendati kendaraan yang diperbaiki mencapai 200 unit.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply