Ini pidato lengkap Bupati Tito dalam workshop integrasi hak anak

WORKSHOP Peningkatan Pengetahuan tentang Pentingnya Mengintegrasikan Hak Anak dalam Peraturan dan Kebijakan Pembangunan Daerah  di Hotel Meuligo 27 Maret 2013 dibuka langsung oleh Bupati Aceh Barat T Alaidinsyah.

T Alaidinsyah Bupati Aceh Barat dalam sambutannya mengatakan  terima kasih kepada para peserta, sekaligus menyambut baik atas terselenggaranya workshop peningkatan pengetahuan tentang pentingnya mengintegrasikan hak anak dalam peraturan dan kebijakan pembangunan daerah.

"Mudah-mudahan dapat berlangsung dengan baik serta memperoleh hasil sebagaimana yang diharapkan,“ katanya.

Lebih lanjut katanya "ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat mulia untuk masa depan serta perkembangan anak-anak kita, di masa-masa mendatang, namun hal ini, tidak terlepas dengan semakin kompleksnya permasalahan yang berkaitan dengan keberlangsungan kehidupan anak, yang sering mendapat perlakukan kurang baik dari orang tua maupun pihak-pihak lainnya. Sehingga perlu dilakukan langkah-langkah antisipasinya, dengan melahirkan sebuah payung hukum perlindungan anak,“ katanya.

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa pada diri anak juga melekat hak-hak untuk mendapatkan jaminan kehidupan yang layak, kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh dan berkembang, baik secara fisik, mental maupun spiritual, serta mendapatkan perlindungan yang optimal dari orang tua, keluarga, masyarakat dan pemerintah.

Kita menyadari, bahwa anak adalah  modal sosial dan tunas, yang memiliki potensi sebagai generasi penerus untuk menjaga eksistensi bangsa dan negara, serta akan menentukan maju dan mundurnya negara kita di masa mendatang.

Ia juga mengajak Pemerintah bersama-sama dengan seluruh komponen masyarakat dan orang tua serta pihak-pihak yang peduli dengan masa depan anak, telah makin meningkatkan pelayanan kesejahteraan dan perlindungannya dalam rangka pemenuhan hak-hak anak. Maka dengan tercapainya kesamaan persepsi dan pemahaman yang sama antara legislatif dengan eksekutif serta didukung dengan para stakeholder, diharapkan akan lebih memperkuat peran kita dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak-anak di masa-masa mendatang ujarnya.

Bupati juga berpesan ke semua peserta workshop agar dapat mengikuti acara ini dengan serius sebagai langkah awal guna merumuskan peraturan serta arah kebijakan pembangunan daerah yang benar-benar dapat menampung harapan anak-anak.

Ia juga mengharapkan dengan kegiatan seperti ini agar  mampu membangun kesamaan persepsi dan pemahaman bersama pentingnya mempertimbangkan perspektif hak anak dalam peraturan. Serta meningkatkan pengetahuan pentingnya hak anak untuk diintegrasikan dalam perumusan dan penyusunan peraturan dan kebijakan pembangunan daerah, yang telah disepakati secara bersama.[] ihn

  • Uncategorized

Leave a Reply