Ini Peta Kemenangan Partai Politik Usai Pileg di Aceh

PEMILIHAN legislatif 9 April 2014 telah usai di seluruh nusantara, termasuk Aceh. Seluruh KIP kabupaten kota di Provinsi Aceh juga telah menetapkan perolehan kursi untuk DPRK daerah masing-masing.

Berdasarkan data yang dihimpun oleh ATJEHPOSTcom dari sejumlah daerah, Partai Aceh unggul di 15 kabupaten kota.

Partai Aceh menguasai kursi Ketua DPRK di Sabang, Aceh Besar, Pidie, Pidie Jaya, Bireuen, Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Langsa, Tamiang, Aceh Jaya, Abdya, Aceh Selatan, Subulussalam, dan Simeulue.

Di tiga kabupaten kota terakhir, seperti Aceh Selatan, Subulussalam dan Simeulue, kursi Partai Aceh imbang dengan partai nasional. Namun perolehan suara Partai Aceh lebih banyak sehingga berhak menduduki kursi DPRK Setempat.

Posisi kedua kemenangan terbanyak diraih oleh Partai Golkar. Partai yang memiliki lambang pohon beringin ini mampu menguasai posisi ketua DPRK di 5 kabupaten.

Ke 5 kabupaten ini, seperti Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Nagan Raya, dan Singkil.

Selanjutnya, ada PDI Perjuangan yang memenangkan 1 kursi ketua DPRK di Aceh. Partai lambang kepala benteng ini dinyatakan berhak atas kursi ketua DPRK setelah meraih perolehan kursi terbanyak (4 kursi-red) di Kabupaten Bener Meriah.

Sedangkan PAN berhasil menguasai kursi ketua DPRK Aceh Barat. Kemenangan PAN karena memiliki selisih suara yang lebih banyak dibandingkan partai Aceh.

Terakhir Partai Demokrat yang menguasai kursi ketua DPRK Banda Aceh. Partai bentukan SBY ini meraih 5 kursi dan dinyatakan berhak atas kursi ketua DPRK Banda Aceh.[]

 

  • Uncategorized

Leave a Reply