Ini Penyebab Turunnya Kualitasnya Sperma

SEBELUMNYA, Anda telah menyimak makanan yang mampu meningkatkan kualitas sperma. Kali ini, buzzfeed.com membeberkan hal-hal yang justru memperburuk kondisi sperma pria. Simak selengkapnya.

Ponsel
Sebuah penelitian pada tahun 2007 silam menemukan fakta bahwa pria yang menggunakan ponsel empat jam atau lebih dalam sehari menurunkan kualitas sperma mereka. Penelitian selanjutnya menegaskan posisi ponsel sangat mempengaruhi kondisi sperma. Jadi, para pria lebih disarankan menyimpan ponselnya di saku baju daripada celana untuk menjaga kualitas sperma.

Stres
Penelitian lain pada tahun 2008 membuktikan stres juga mampu mempengaruhi kesuburan pria. Jika Anda sering mengalami stres, segera atasi masalah itu agar tidak menurunkan kualitas sperma.

Pil antidepresan
Pil antidepresan di sini maksudnya adalah obat-obatan seperti Prozac dan Zoloft. Ketika para pria khawatir tentang stres yang mempengaruhi kesuburan, biasanya mereka akan mengonsumsi pil ini. Padahal, sebuah penelitian menyebutkan pil antidepresan justru mampu merusak DNA sperma pria.

Lemak jenuh
Penelitian lain tentang kualitas sperma yang dilakukan menghasilkan bukti lemak jenuh bersifat buruk pada pria. Pasalnya, lemak jenuh tersebut menurunkan jumlah dan pergerakan sperma. Perhatikan konsumsi lemak jenuh Anda agar tidak terlalu berlebihan dan memberi dampak buruk pada sperma.

Ganja
Merokok ganja pun menurunkan kualitas sperma, demikian menurut penelitian pada tahun 2003. Sperma bahkan bisa bergerak terlalu cepat akibat ganja.

Celana dalam ketat
Sekali lagi dalam sebuah penelitian, celana dalam yang ketat sebaiknya dihindari oleh para pria. Pasalnya, celana dalam tersebut membuat kemaluan pria seolah 'terjepit' sehingga mempengaruhi produksi dan kualitas sperma mereka.

Itulah hal-hal yang bisa menurunkan kualitas sperma pada pria. Jika Anda tidak ingin mengalaminya, hindari keenam hal tersebut di atas ya. | sumber:merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply