Ini Kegiatan Badan Narkotika Nasional Bireuen Memberantas Narkoba

BIREUEN – Badan Narkotika Nasional (BNN) Bireuen telah melaksanakan sejumlah kegiatan dalam kaitan dengan Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Kabupaten Bireuen pada tahun anggaran 2012.

Kepala BNN Bireuen Bani Amin mengatakan sejumlah kegiatan itu terdiri dari wahana desiminasi informasi, sosialisasi melalui media elektronik, dan advokasi P4GN kepada organisasi pemerintah. Program ini dibiayai dana APBN 2012.

“Juga penyuluhan bahaya narkoba kepada pelajar di sejumlah sekolah, pemberdayaan P4GN kepada pelajar, lingkungan, pendampingan terhadap pengguna narkoba serta produk informasi untuk bahan kajian,” kata Bani kepada ATJEHPOSTcom, Rabu 30 Januari 2013.

Pada kegiatan wahana desiminasi informasi digelar pementasan seni budaya bertema P4GN kepada masyarakat di alun-alun Kota Bireuen dan lingkungan sekolah di SMP Negeri 1 Bireuen. Sosialisasi P4GN kepada masyarakat juga dilakukan melalui tiga media elektronik.

“Berikutnya advokasi tentang Instruksi Presiden No 12 Tahun 2011 tentang Pelaksanaan Kebijakan Strategi Nasional P4GN tahun 2011-2015 yang dilakukan kepada instansi pemerintah, swasta dan kepada lembaga swadaya masyarakat dan organisasi massa,” ujar Bani.

Selain itu, kata dia, pembentukan kader penyuluh antinarkoba di lingkungan sekolah yaitu di SMA 1 Samalanga, SMAN 1 Simpang Mamplam, SMAN Peudada, SMAN 2 Bireuen, SMAN 3 Bireuen, SMAN 1 Peusangan dan MAN Bireuen. Selain di sekolah juga di lingkungan kampus.

Program selanjutnya adalah lembaga pendidikan yang diberdayakan P4GN sebagai peran serta sekolah dalam menciptakan lingkungan sekolah bebas narkoba dengan melakukan tes urine kepada siswa di sejumlah SMA di Bireuen.

“Selain pelajar, sasaran lainnya adalah menciptakan lingkungan kerja yang bebas narkoba berupa tes urine terhadap pegawai di sejumlah instansi dan institusi di Kabupaten Bireuen,” katanya.

Berikutnya pendampingan dan pendataan terhadap para pengguna narkoba. Para pecandu narkoba, kata Bani, diikutsertakan dalam program pengobatan dan pemulihan yang diintegrasikan di Banda Aceh sehingga pulih dan tidak lagi mengonsumsi narkoba.

Sejumlah kegiatan yang digelar BNN Bireuen, kata dia, terealisasi dengan baik, kecuali pada program pendampingan pecandu narkoba.

Bani mengatakan pada tahun anggaran 2013, BNN Bireuen akan melaksanakan program kegiatan serupa tetapi dengan peserta dan sasaran program serta lokasi yang berbeda.[](rz)

Berita Sebelumnya:

Ini Kecamatan Pusat Peredaran Sabu-sabu di Bireuen Menurut BNN
BNN Aceh Beri Modal Kerja untuk Mantan Napi Narkoba dan Petani Ganja

  • Uncategorized

Leave a Reply