Ini Kata Warga Rohingya kepada Wakil Ketua DPR RI

Ini Kata Warga Rohingya kepada Wakil Ketua DPR RI

LANGSA – Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, meninjau kondisi pengungsi Rohingnya dan Banglades di Pelabuhan Langsa, Minggu 24 Mei 2015. Rombongan Fadli Zon tiba pukul 13.20 Wib atau sedikit lebih cepat dari kedatangan Menteri Sosial.

Kedatangan Fadli Zon disambut oleh Polres Langsa, Dandim 0104 Aceh timur, serta Dinas Sosial Langsa.

Fadli Zon juga sempat berbicara dengan Rohingnya yang bisa berbahasa melayu. Ia bertanya kondisi dan apa harapan setelah tiba di Indonesia.

“Sebenarnya tujuan kami ke Malaysia, tetapi ditolak masuk oleh otoritas di sana. kami dihanyutkan kembali ke tengah laut setelah dikasih bahan bakar, makanan dan minuman dan sampai ke perairan Aceh-Indonesia. Kami lari menyelamatkan keluarga dan anak-anak dari kekejaman di Myanmar, karena kami muslim maka dibunuh dan tempat tinggal rumah kami dibakar. Harapan kami bagaimana keselamatan nyawa tanpa ada penindasan dari kekejaman,” kata Muhammad Tayub Ali.

Sedangkan Fadli Zon, kepada wartawan, mengatakan tujuan kedatangannya untuk melihat secara langsung serta mencari tahu bagaimana kondisi dan apa sesungguhnya terjadi dengan pengungsi dari Rohingnya, Bangladesh yang datang ke Aceh di beberapa titik.

“Tadi sudah kami kunjungi di Aceh Tamiang dan sekarang di Langsa, dan bagaimana respon pemerintah. Kita harapkan untuk segera memberikan bantuan kemanusian terlebih dahulu,” katanya.

“Terkait masalah negara Thailand dan Malaysia menolak warga Rohingnya dan Bangladesh, ini akan kita bicarakan di ASEAN, termasuk parlemen akan kita bawa masalah ini supaya kita rekomendasikan yang terbaik. Bantuan kemanusiaan dulu baru sikap kita nanti,” kata Fadli Zon.

Laporan Fathurrahman di Langsa

Leave a Reply