Ini kata Wali Kota Langsa tentang pengalihan PBB-P2 menjadi pajak daerah

WALI Kota Langsa Usman Abdullah membuka sosialisasi pelaksanaan pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan Pedesaan dan Perkotaan (PBB-P2) menjadi Pajak Daerah, di aula Hotel Harmoni Langsa, Rabu, 24 April 2013.

Hadir dalam kegiatan tersebut anggota DPR RI dari Komisi XI Harry Azhar Azis sekaligus sebagai pemateri, M. Ichlash El Qudsy dan Sukarni M. Amin dari Dirjen Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah Kementerian Keuangan. Selain itu, T. Hidayat Wakil Ketua DPRK Langsa, para kepala dinas, camat dan geuchik.

Wali Kota Usman Abdullah mengatakan pajak daerah dan retribusi daerah salah satu sumber pendapatan daerah. “Untuk mewujudkan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 28 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah dibutuhkan kerja keras semua pihak,” ujarnya.

Menurut Usman, pengelolaan PBB-P2 pekerjaan baru bagi Langsa. Kata dia, Pemerintah Langsa masih membutuhkan bantuan dari Dirjen Pajak atau KPP Pratama Langsa terkait teknis pelaksanaan, sistem pendataan dan teknologi informasi.

“Dalam APBK tahun 2013, kita telah menganggarkan dana lsekitar Rp350 juta untuk pengadaan perangkat komputer dan servernya. Sedangkan software atau perangkat lunak yang dibutuhkan kita terus berkoordinasi dengan KPP Pratama Langsa, karena database wajib pajak belum diserahkan ke kita,” katanya.

Adapun materi yang disampaikan dalam sosialisasi tersebut filosofi dan kebijakan pengalihan PBB-P2 menjadi pajak daerah, struktur organisasi dan tata kerja (SOTK) serta teknis pemungutan.[](iip)

  • Uncategorized

Leave a Reply