Ini Kata Kepala Disbudpar Sabang Soal Sophie Rickmers

BANGKAI kapal Sophie Rickmers menjadi satu-satunya "Taman Surga" bagi pecinta panorama alam bawah laut Sabang. Kapal yang ditenggelamkan pada Perang Dunia II tersebut memiliki kedalaman yang bisa dijangkau pecinta diving.

"Cuma kapal Sophie yang bisa dikunjungi oleh para penyelam, yang lain tidak ada kalau kapal-kapal gitu,” ujar Zulfi Purnawati, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sabang kepada ATJEHPOST.co, Senin, 8 Desember 2014.

Zulfi mengatakan kedalaman bangkai kapal Sophie Rickmers mampu dijangkau para diving yang telah mengantongi sertifikat penyelam. Hal ini berbeda dengan lokasi bangkai KMP Gurita yang karam dan diduga berada di palung laut.

“Kalau kapal Gurita nggak ada yang sanggup nyelam ke palung laut. Dalam kali, belum ada yang berani nyelam,” ujarnya.

Selain itu, kata Zulfi, bangkai KMP Gurita berada di jalur pelayaran yang memang tidak bisa dijadikan tempat untuk menyelam.

“Kita juga belum tahu dimana kapal tersebut, karena masuk ke dalam palung laut,” katanya.

Disbudpar Sabang sudah lama mempromosikan keberadaan kapal Sohie Rickmers kepada wisatawan domestik dan mancanegara. “Kita promosi dari mulut ke mulut, biarlah yang sudah menyelam di kapal Sophie yang akan mempromosikan ke daerahnya masing-masing. Kalau kita yang promosikan, seolah kita mengada-ada,” ujarnya.[]

Baca:

Pengincar 'Harta Karun' di Kapal Sophie Rickmers Terhubung ke Singapura

Riwayat Tenggelamnya Sophie Rickmers di Laut Sabang

  • Uncategorized

Leave a Reply