Ini kabar baik untuk pecinta kopi

KABAR baik untuk para pecinta kopi! Meski selama ini banyak yang mempercayai bahwa minum kopi bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Mulai susah tidur, sering buang air kecil, penyakit lambung, dan lainnya. Namun sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa minum kopi bisa menambah usia.

Penemuan ini menunjukkan bahwa semakin banyak kopi yang diminum akan semakin mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung, pernapasan, stroke, kecelakaan, diabetes, dan bahkan infeksi.

Dr Neal Freedman dari national Cancer Institute di Amerika Serikat menemukan bahwa mengonsumsi dua atau tiga cangkir kopi sehari bisa menurunkan risiko mati muda hingga 10 – 15 persen. Namun dia juga menambahkan bahwa mengonsumsi lebih dari dua atau tiga cangkir kopi sehari bisa berbahaya.

Hal ini disimpulkan dari penelitian terhadap partisipan berusia 50 – 71 tahun selama 12 tahun. Dr Freedman menjelaskan bahwa satu penghalang bagi peminum kopi yang menginginkan usia panjang adalah kebiasaan merokok.

"Pada penelitian ini, partisipan yang minum kopi lebih rentan memiliki kebiasaan merokok. Inilah yang membuat risiko kematian semakin besar," ungkap Freedman, seperti dilansir oleh Daily Mail (20/02).

Dia menambahkan bahwa mengonsumsi kopi berkaitan dengan kebiasaan yang buruk untuk kesehatan seperti mengonsumsi alkohol, makan daging yang berlebihan, serta gaya hidup pasif. semua kebiasaan buruk inilah yang memberikan dampak negatif pada kesehatan dan mempercepat kematian.

Meski begitu, penelitian ini tidak menjelaskan bagaimana kopi bisa memperpanjang usia serta bahan apa dalam kopi yang penting untuk menjaga kesehatan. Selain itu, Freedman juga tidak menjelaskan apakah jenis kopi biasa lebih baik daripada kopi tanpa kafein, atau sebaliknya. | sumber: merdeka.com

  • Uncategorized

Leave a Reply