Ini hasil pertemuan gubernur dan Komisi A DPR Aceh soal kuota 120 persen caleg

GUBERNUR Zaini menerima kedatangan anggota Komisi A Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh dan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh di Meuligoe Gubernur Aceh, Jumat 19 April 2013, pukul 09.00 Wib. Agenda pertemuan ini membahas persoalan caleg 120 persen yang saat ini tidak diakomodir KPU.

Hal ini diungkapkan anggota Komisi A DPR Aceh, Mansyur Nur Hakim, kepada ATJEHPOSTcom, Jumat siang.

"Kita menyampaikan KPU pusat belum mengakomodir 120 persen kursi DPR keterlibatan caleg dari partai. Dimana 120 persen itu sesuai dengan UUPA," katanya.

Dalam hal ini, Mansyur menyampaikan Gubernur Zaini sepakat untuk tetap mengacu pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh (UUPA).

"Gubernur menyepakati kekhususan Aceh itu, maka untuk pemilu harus sesuai dengan UUPA. Jadi ya 120 persen kursi," katanya.

Katanya, jika kursi di DPR Aceh ditetapkan untuk 2014 sebanyak 81, maka jumlah caleg partai untuk  DPR Aceh sekitar 97 dari seluruh Aceh.

Langkah yang akan dilakukan Pemerintah Aceh kedepan, menurut Mansyur Nur Hakim adalah mengusahakan agar UUPA menjadi landasan dalam pemilu.

Adapun pertemuan itu berakhir pada pukul 11.00 WIB. Wakil Ketua DPR Aceh, Sulaiman Abda juga turut hadir dalam pertemuan itu.[] (mrd)

  • Uncategorized

Leave a Reply