Ini Dia Persyaratan Berobat di Rumah Sakit Zainoel Abidin

BANDA ACEH – Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) merupakan salah satu rumah sakit milik Pemerintah Aceh yang terletak di Banda Aceh. RSUDZA merupakan rumah sakit rujukan tertinggi yang ada di Aceh.

Rumah sakit ini berdiri pada tanggal 22 Pebruari 1979 yaitu atas dasar Keputusan Menteri Kesehatan No.551/Menkes/SK/2F/1979.

Di rumah sakit ini juga melayani pasien Jaminan Kesehatan Aceh (JKA). JKA merupakan layanan kesehatan gratis dari pemerintah bagi masyarakat Aceh. Namun ada beberapa syarat yang harus dilengkapi bila hnedak berobat ke RSUDZA.

Ini persyaratan untuk berobat di RSUDZA:

1. Bagi peserta Askes dan Jamkesmas membawa kartu Askes dan Jamkesmas asli.

2. Bagi peserta Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) melampirkan foto copy Kartu Keluarga (KK) dan foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) masing-masing dua rangkap.

3. Semua peserta berobat wajib membawa surat rujukan, bagi peserta dalam Kota Banda Aceh membawa surat rujukan dari Puskesmas setempat dan bagi peserta di luar Kota Banda Aceh membawa surat rujukan dari rumah sakit kabupaten.

4. Jika pasien dalam keadaan emergency atau gawat darurat dapat langsung dibawa ke RSUDZA tanpa membawa surat rujukan.

RSUD Zainoel Abidin mempunyai tugas dan fungsi memberikan pelayanan kesehatan yang paripurna dan terjangkau oleh seluruh lapisan  masyarakat Provinsi Aceh; memberikan pelayanan kesehatan yang prima dan bermutu kepada masyarakat di Provinsi Aceh; memberikan pelayanan rujukan dari Puskesmas, rumah sakit daerah; mendidik tenaga kesehatan yang profesional; memberikan penyuluhan kesehatan masyarakat; memberikan pelayanan pemulihan kesehatan secara terpadu dan menyeluruh.[] (zul)

  • Uncategorized

Leave a Reply