Ini Dia Para Jawara Hatchback Terbaik di Dunia

MOBIL-mobil hatchback makin populer di beberapa negara, khususnya yang berpenduduk padat dengan mobilitas yang tinggi. Hadirnya mobil hatchback dengan berbagai fitur menarik menjadi pilihan calon pembeli yang membutuhkan kendaraan praktis, irit bahan bakar, lincah, nyaman dan aman.

Hatchback adalah bentuk mobil penumpang 2-box berbasis sedan, dengan bagian belakangnya lebih pendek dan pintu bagasi yang menyatu dengan kaca belakang. Pintu bagasi ini membuka ke atas dan ruang bagasi menyatu dengan ruang penumpang.

Mobil dengan bentuk hatchback biasanya termasuk kategori city car atau mobil mini, mobil kecil (segment B), atau mobil kompak (segment C). Lantas mobil berjenis hatchback apa saja yang masuk dalam kategori terbaik dunia?

Berikut ini daftar lengkapnya

1. Subaru Impreza yang berkemampuan tinggi adalah WRX yang sangat popular di arena kejuaraan rally dunia / World Rally Championship (WRC). Dengan warna biru yang khas, Impreza untuk WRC dipersiapkan oleh Subaru Technica International (STI) bersama Prodrive dari Inggris. Secara resmi Subaru Impreza ikut WRC dari tahun 1993 sampai 2008.

2. Audi A3 adalah mobil hatchback berukuran kompak yang dibuat oleh perusahaan mobil Audi di Ingolstadt, Jerman sejak tahun 1996. Audi A3 menggunakan platform yang sama dengan Volkswagen Golf, Audi TT, Volkswagen Caddy, Volkswagen Touran, SEAT León, SEAT Toledo, dan Škoda Octavia.

3. Mazda3 atau yang dikenal sebagai Mazda Axela di Jepang adalah model kompak yang dibangun di Jepang oleh Mazda Motor Corporation. Diperkenalkan untuk model tahun 2004, menggantikan Familia/323/Protege. Versi yang dengan performa yang lebih tinggi dari Mazda3 dipasarkan sebagai Mazdaspeed3 di Amerika Utara dan Mazda3 MPS di Eropa.

4. Hyundai Accent merupakan kendaraan sedan yang diproduksi oleh perusahaan Korea Selatan, Hyundai Motor Company sejak tahun 1994 untuk pasaran global. Hyundai Accent pertama kali diluncurkan tahun 1994 dengan kendaraan 4 pintu. Mobil ini dirakit di Ulsan, Korea Selatan.

5. Scion tC adalah mobil sport kompak berbentuk liftback coupe buatan Toyota yang hanya dipasarkan di Amerika Utara. Di region ini, Toyota menggunakan merk Scion (automobile) untuk mobil yang ditargetkan untuk generasi muda. Scion tC menggantikan Toyota Celica yang terakhir dipasarkan pada tahun 2005. Menurut Toyota, tC artinya touring Coupe.

6. Kia Rio adalah mobil subkompak berjenis hatchback yang diproduksi oleh Kia Motors sejak tahun 2000. Model bodi yang tersedia antara lain hatchback 5 pintu dan sedan 4 pintu, dilengkapi dengan mesin 4 silinder segaris bensin dengan penggerak roda depan.

Rio menggantikan Pride generasi pertama yang merupakan penamaan ulang dari Ford Festiva dan Avella, mobil yang dijual dengan merek Ford di beberapa negara. Generasi kedua dari mobil ini muncul pada tahun 2005 di Eropa dan 2006 di Amerika Utara, berbagi platform dengan Hyundai Accent.
Di Korea Selatan dan Indonesia, generasi kedua mobil ini memakai nama New Pride.

7. Ford Focus adalah mobil kompak yang diproduksi oleh perusahaan Amerika Serikat, Ford sejak tahun 1998 sampai sekarang untuk pasar global. Focus dibuat dalam bentuk Sedan 4 pintu, Hatchback 3 dan 5 pintu, Coupe Cabriolet 2 pintu, serta Station wagon 5 pintu. Focus pertama kali hadir di Indonesia pada tahun 2005.

8. Toyota Matrix, terkadang disebut juga Toyota Corolla Matrix, adalah hatchback kompak yang diproduksi oleh Toyota Motor Corporation di Kanada, untuk dijual di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko. Mobil ini dianggap sebagai model sporti dari Corolla dan penjualannya dihitung sebagai salah satu varian dari Corolla.

9. Nissan Tiida adalah mobil kompak buatan Nissan Motor Corporation yang menggantikan Nissan Pulsar. Di Amerika dan Eropa, Tiida dipasarkan dengan nama Versa, dan dibeberapa negara Asia disebut Latio.

Pada dasarnya ada 2 macam bentuk body Tiida, yaitu Hatchback 5 pintu, dan Sedan 4 pintu. Mesin yang digunakan adalah 1500 cc atau 1800 cc.

10. Volkswagen Beetle, atau Volkswagen Tipe 1, adalah sebuah mobil kecil yang diproduksi oleh Volkswagen. Juga dikenal dengan VW Kodok di Indonesia atau Bug dalam bahasa Inggris, atau Käfer dalam bahasa Jerman. VW Kodok merupakan salah satu mobil yang paling mudah dikenal di dunia, dikarenakan oleh bentuknya yang khas, bunyinya yang unik, dan kehandalannya.

VW Kodok diproduksi mulai tahun 1938 sampai 2003, walau sempat terhenti oleh Perang Dunia II. Pada rentang masa yang panjang ini, lebih dari 21 juta VW Kodok dibuat.

Dalam sebuah polling internasional untuk penghargaan mobil yang paling berpengaruh, VW Kodok menempati peringkat keempat setelah Ford Model T, Mini dan Citroën DS.[] sumber : otosia

  • Uncategorized

Leave a Reply