Ini Dia Hobi Para Ratu di Dunia

JAKARTA-Filateli, mungkin di era modern dan digital seperti saat ini menjadi hobi yang tak lagi banyak mendapat perhatian. Jangan salah, hobi ini rupanya memiliki nilai finansial dan prestise yang tinggi. Buktinya, beberapa ratu dunia memilih filateli sebagai hobi.

Dalam acara pembukaan Pameran World Stamp Championship Indonesia 2012 di JCC Prefunction, Jakarta Pusat, Senin 18 Juni 2012, President International Philatelic Federation, Tay Peng Hian, mengatakan bahwa perangko adalah barang yang berharga.

"Filateli bukan hobi biasa, beberapa ratu di dunia memilih filateli sebagai hobi mereka. Misalnya Ratu Elizabeth dan Ratu Monaco," tutur Tay saat memberi sambutan.

Acara yang juga dihadiri dan dibuka oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring, itu berlangsung hari ini hingga 24 Juni 2012. Tifatul dalam sambutannya mengatakan filateli merupakan koleksi yang berharga.

"Nilai perangko bukan sekedar tentang biaya pengiriman pos, tetapi juga harus dipahami sebagai alat pendidikan, informasi publik, dan juga sebagai investasi yang baik," kata Tifatul.

Dengan mengusung tajuk "Jembatan Menuju Dunia yang Damai melalui Prangko" (Brigding to The World of Peace Trough Stamp), pameran ini diikuti oleh 62 negara anggota Federation Internatinale de Philatelie (FIP).

"Acara ini semacam olimpiade perangko. Dalam 6 hari nanti mereka akan memamerkan koleksi mereka," tutur Tifatul.

Indonesia terpilih sebagai tuan rumah acara ini pada kongres FIP ke-71 pada bulan Oktober 2010 di Lisabon/Portugal. "Kami bangga akan terujudnya acara ini. Kami pun telah melakukan kegiatan perfilatelian dengan anak-anak usia sekolah, agar dapat memahami arti penting filateli dalam kehidupan," kata Ketua Umum Perkumpulan Filateli Indonesia, Letnan Jenderal TNI (Purn) Suyono dalam sambutannya.

Salah satu yang akan dipamerkan adalah replika prangko tertua, yakni Mauritius yang terbit pada 1874. Mauritius adalah sebuah negara kepulauan di barat daya Samudra Hindia, sekitar 900 km timur Madagaskar. | sumber:detik

  • Uncategorized

Leave a Reply