Ini Detail Ternak Peserta Expo di Takengon

Ini Detail Ternak Peserta Expo di Takengon

TAKENGON – Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Aceh Tengah, Drh. Rahmandi mengatakan kegiatan expo ternak ke-6 tingkat Provinsi Aceh diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota. Jumlah ternak yang terdaftar dalam expo tersebut mencapai 162 ekor.

Lebih detail, Rahmandi merinci dari 162 ekor ternak tersebut terdiri dari sapi Aceh 23 ekor jantan dan betina, kerbau 22 ekor, sapi Bali hasil IB 29 ekor, sapi limousin 24 ekor, simental 24 ekor, brahman 21 ekor, kuda Gayo 6 ekor, sapi kelas bebas Aceh 2 ekor, dan kelas bebas hasil IB 7 ekor.

“Semua ternak akan dinilai oleh dewan juri dan akan ditetapkan sebagai pemenang pada acara puncak 23 Agustus 2015 nanti, yang rencananya juga akan dihadiri oleh Gubernur,” kata Rahmandi di sela-sela pembukaan expo, Jumat, 21 Agustus 2015.

Sebelumnya, kuda Gayo juga masuk untuk pertama kali dalam event akbar sektor peternakan bertajuk Expo Ternak Aceh ke-6, yang digelar di Takengon, Kabupaten Aceh Tengah. Masuknya kuda Gayo dalam penilaian menurut Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Aceh, drh. Rahmandi didasari oleh perkembangan populasi ternak kuda Gayo yang tersebar di empat kabupaten, yaitu Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues dan Aceh Tenggara.

“Kuda Gayo sudah ditetapkan sebagai sumber genetik ternak lokal berdasarkan keputusan Menteri Pertanian,” kata Rahmandi di sela-sela pembukaan expo, Jumat, 21 Agustus 2015.

Menurut Rahmandi kuda Gayo kali ini hanya masuk dalam kategori kelas eksebisi. “Kita harapkan ke depan dalam event expo ternak berikutnya, ternak kuda juga tetap menjadi bagian dari penilaian,” kata Rahmandi.[](bna)

Leave a Reply