Ini Cara Muslim India Rayakan Idul Fitri

Ini Cara Muslim India Rayakan Idul Fitri

NEW DELHI — Lebaran telah menjadi ritual keagamaan yang sarat nuansa budaya. Di India, Muslim memadati pasar untuk berbelanja merayakan “chand raat” atau malam sebelum Idul Fitri. Mereka bermandikan sukacita dan kebahagiaan menyambut Idul Fitri yang jatuh Sabtu (18/7).

“Ini adalah hari untuk bersyukur kepada Allah selepas bulan suci Ramadhan. Saat ‘chand raat’, kami senang menyaksikan kesibukan di pasar. Orang-orang menenteng barang belanjaan dengan penuh semangat,” kata Nighat Qazmi, dilansir dari onislam.net, Sabtu (18/7).

Qazmi, gadis Muslim India ini pun tak mau melewatkan keramaian chand raat. Ia menuturkan, hampir mustahil untuk bisa bergerak di tengah keramaian pasar, tapi mereka menyukai atmosfer yang menyelimuti malam itu.

Mengunjungi pasar untuk berbelanja pada menit-menit terakhir malam menjelang Idul Fitri telah menjadi tradisi umat Islam di hampir seluruh wilayah India. Pasar tetap buka sepanjang malam, sementara para pemilik toko meraup keuntungan besar pada hari itu.

Danish Khan, salah satunya. Ia membuka kios yang menjual pakaian etnis untuk anak perempuan. Selama beberapa hari terakhir, ia nyaris tidak memiliki waktu untuk melakukan apa pun kecuali berurusan dengan para pelanggan wanita.

“Anda bisa melihat kesibukan di pasar. Ini waktu untuk meraup keuntungan. Pakaian etnis Pakistan mendapat permintaan besar musim ini,” kata Danish di sela-sela kesibukan.

Di sudut lain pasar, Shahbaz Khalid juga tampak sibuk menunjukkan rupa-rupa kosmetik untuk calon pembelinya. Kebanyakan dari mereka adalah perempuan Muslim.

Menurut Khalid, dengan munculnya kosmetik halal di India, lebih banyak wanita Muslim India mulai menggunakan alat-alat kecantikan. Tapi, itu tak seberapa dibanding saat chand raat. Dalam semalam, pendapatannya melonjak hampir 100 persen lebih banyak dibanding hari-hari biasa.

Selepas shalat Id, perayaan Idul Fitri di India dilanjutkan dengan melakukan kunjungan ke rumah teman-teman dan kerabat. Kebanyakan orang memakai baju baru untuk Idul Fitri, sementara anak kecil berharap-harap cemas menantikan hadiah dan ‘ediya (angpau lebaran). | sumber: republika.co.id

Foto: Muslim India, Khaled Abu Bakar

Leave a Reply