Ini arah kebijakan tahun pertama RPJM Aceh 2013

PEMERINTAH telah menyusun beberapa fokus arah kebijakan tahun 2013 dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Aceh. Berbagai permasalahan tersebut dinilai penting untuk segera ditangani.

Beberapa arah kebijakan tersebut di antaranya kemiskinan, pengangguran, pangan, infrastrukstur (jalan, irigasi, pelabuhan) dan perumahan layak huni untuk masyarakat miskin serta peningkatan produktivitas komoditi unggulan daerah.

Upaya untuk menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran juga difokuskan melalui pengembangan ekonomi masyarakat lokal. Di samping itu, upaya pembenahan birokrasi pemerintahan yang lebih akuntabel dan transparan serta penyelenggaraan pelayanan publik yang lebih baik juga menjadi fokus prioritas yang akan ditangani pada tahun pertama.

Dalam bundel RPJM Aceh setebal 293 halaman tersebut juga menjelaskan fokus Pemerintah Aceh pada tahun pertama RPJM 2012-2017 yaitu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dan peningkatan pendidikan yang menjangkau semua lapisan masyarakat.

Di sisi lain, Pemerintah Aceh turut mengupayakan keberlanjutan perdamaian serta mengatasi permasalahan sosial dan budaya disamping menerapkan dinul Islam.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply