Ini Alasan Pon Pang Mundur dari Jabatan Ketua DPRK Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE- Ketua DPR Kota Lhokseumawe Saifuddin Yunus alias Pon Pang menyebutkan ia berencana mengundurkan diri dari jabatan ketua dewan karena merasa kasihan dengan temannya yang amat bernafsu menjadi ketua parlemen di bekas kota gas itu.

“Saya berencana mundur atas iba saya sendiri, karena ada beberapa rekan kita yang sangat-sangat suka jadi ketua DPRK. Kalau saya masih di situ (ketua DPRK), rekan kita itu tak mungkin jadi ketua,” kata Pon Pang saat ditemui The Atjeh Post di Kutablang, Banda Sakti, Lhokseumawe, Kamis, 16 Agustus 2012.

Menurut Pon Pang, rencana mundur dari jabatan ketua DPRK Lhokseumawe sengaja ia persiapkan guna menghindari perpecahan dan selisih paham antara dirinya dengan temannya sesama Partai Aceh. “Maka saya tidak bisa pertahankan bahwa ketua DPRK harus tetap saya. Kalau ada rekan-rekan yang lain ingin jadi ketua, silahkan. Saya berikan dengan ikhlas, jabatan ini bukan pusaka saya,” kata politisi Partai Aceh ini.

Itu sebabnya, kata Pon Pang, di penghujung rapat paripurna di dewan tadi ia sengaja mengemukakan di depan banyak pihak tentang rencananya itu. “Saya buka di muka umum. Saya katakan tadi dalam paripurna: mungkin habis lebaran saya akan mengundurkan diri,” katanya.

Meski begitu, Pon Pang menyerahkan kepada atasannya di Partai Aceh untuk mengambil keputusan yang terbaik atas hal itu. “Saya akan rujukkan (serahkan-red) kepada atasan saya. Dan, saya sendiri yang tahu siapa atasan saya,” kata mantan kombatan GAM berpostur tinggi tegap ini.

“Kalau atasan saya bilang jangan, saya ikuti. Kalau atasan saya menyetujui, saya minta jadi anggota biasa saja di dewan, tidak perlu jadi ketua fraksi dan ketua komisi,” kata Pon Pang. “Dari 25 anggota DPRK Lhokseumawe (13 orang di antaranya dari Partai Aceh), saya jadi yang paling ujung saja”.

Kata Pon Pang, ia sebagai pemimpin lembaga DPRK saat ini ingin memberikan kesempatan kepada orang lain untuk menjadi pemimpin.

Disinggung soal kinerja dirinya sebagai ketua DPRK Lhokseumawe, Pon Pang menyebutkan, “silahkan ditanya pada sebagian besar anggota dewan, dua wakil ketua, termasuk anggota dewan dari partai lain. Biar mereka yang mengatakan sejujurnya. Selama ini saya tidak pernah dapat teguran dari BKD (Badan Kehormatan Dewan)”.

Secara internal Partai Aceh? “Pernah saya dipanggil sekali, diingatkan agar patuh pada AD/ART partai,” kata Pon Pang.    

Diberitakan sebelumnya, Ketua DPR Kota Lhokseumawe Saifuddin Yunus alias Pon Pang mengeluarkan pernyataan mengejutkan saat memimpin rapat paripurna dewan dalam rangka mendengar pidato kenegaraan HUT RI ke-67, Kamis, 16 Agustus 2012. Pon Pang menyatakan kemungkinan dirinya bakal mengundurkan diri usai hari raya Idulfitri ini.

Sumber The Atjeh Post menyebutkan, Pon Pang mengemukakan hal itu di penghujung rapat paripurna, tepatnya setelah Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berpidato. Sebelum menutup acara tersebut,  Pon Pang memanfaatkan waktu untuk menyampaikan suatu hal. “Mungkin habis lebaran saya akan mengundurkan diri,” kata politisi Partai Aceh ini.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply