Ini alasan orang obesitas susah kurus

ORANG yang memiliki berat badan berlebihan atau mengalami obesitas seringkali mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan. Peneliti menemukan penyebabnya mengapa orang obesitas susah menurunkan berat badan bahkan melalui diet.

Dalam tubuh manusia terdapat salah satu zat kimia yang dinamakan Neuropeptide (NPY). NPY bekerja dengan merangsang nafsu makan dan menentukan apakah tubuh akan membakar kalori dan memproduksi energi.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Sydney's Gavan Institute of Medical Research ini menunjukkan bahwa ketika tubuh mengambil sedikit energi atau ketika seseorang melakukan diet, tingkat NPY yang tinggi akan mengirimkan sinyal 'lapar' pada tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh mulai menyimpan energi lebih banyak.

Profesor Herxog, ketua peneliti, mengemukakan bahwa orang yang mengalami obesitas susah 'mengelabui' tubuhnya sendiri karena kinerja NPY, seperti dilansir oleh Times of India (16/02).

Herzog juga menjelaskan bahwa diet tak akan bekerja dengan cepat pada orang yang mengalami obesitas. Mereka harus melakukan diet dalam waktu yang lama diikuti perubahan gaya hidup.

Meski begitu saat ini peneliti telah menemukan sirkuit otak yang bisa mengendalikan kinerja NPY. Di masa depan, bisa jadi peneliti telah menemukan cara mengontrol NPY sehingga orang yang obesitas pun bisa lebih cepat kurus. | sumber : merdeka

  • Uncategorized

Leave a Reply