Ini alasan Bawaslu Aceh gugurkan DCT Partai Golkar Nagan Raya

BADAN Pengawas Pemilu Aceh telah menggugurkan Daftar Caleg Tetap Partai Golkar Nagan Raya untuk Pemilu legislatif 2014.

Adapun alasannya, kata Ketua Bawaslu Aceh, Askhalani, berawal dari laporan internal Partai Golkar Nagan Raya ke mereka. Pendaftaran berkas caleg dari Partai Golkar Nagan Raya ke KIP Aceh, disebutkan melanggar AD/ART partai.

Menurut pelapor, kata Askhalani, dalam AD/ART Partai Golkar Nagan Raya disebutkan, daftar caleg yang didaftarkan dari Golkar Nagan Raya harus ditandatangani oleh ketua atau minimal sekretaris partai.

Namun daftar caleg Golkar Nagan Raya tidak ditandatangani oleh kedua petinggi partai.

“Jadi seseorang dari internal partai mengadu hal ini kepada kita. Kemudian kita panggil yang lapor itu, saksi-saksi serta si terlapor. Setelah kita cek ternyata benar melanggar," ujar Askhalani.

Sebelumnya diberitakan, Bawaslu Aceh menggugurkan DCT Partai Golkar Nagan Raya pada 27 Agustus dan harus ditindaklanjuti oleh KIP Aceh paling lama 7 hari sejak diterimanya keputusan tersebut.

“Benar, keputusan itu kita ambil pada 27 Agustus lalu. Kemudian, rekomendasinya kita kirim ke KIP Aceh. Jadi terhitung kapan KIP Aceh menerima surat kita, kemudian 7 hari ke depannya harus ditindaklanjuti,” kata Askhalani, Rabu sore 4 September 2013.

Keputusan yang diambil pihaknya, kata dia, sesuai dengan UU nomor 8 tahun 2012 dan keputusan KPU tahun 2013.

“Jadi yang kita putusan satu paket (DCT-red). Ini sesuai dengan undang-undang. KIP Nagan Raya juga melanggar adminitrasi negara sehingga diambilalih KIP Aceh,” katanya.

Baca juga:

KIP Nagan Raya tidak miliki pengurus, DCT diambil alih provinsi 

Bawaslu Aceh gugurkan DCT Partai Golkar Nagan Raya

  • Uncategorized

Leave a Reply