Ini Agenda Deklarasi Pilkada Damai dan Pawai Calon di Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE- Komisi Independen Pemilihan dan Muspida bersama pasangan calon walikota-wakil walikota Lhokseumawe akan menggelar deklarasi Pilkada Damai 2012 di Lapangan Hiraq, Lhokseumawe, Senin, 19 Maret 2012. Apa saja yang ditampilkan pada acara itu?

“Kami berharap semua pasangan calon dan ketua tim suksesnya hadir dalam deklarasi Pilkada Damai pada Senin ini. Di situ akan kita suguhkan tari-tarian bernuansa Aceh, termasuk tarian ranup lampuan,” kata Ketua KIP Lhokseumawe Ridwan Hadi dalam rapat pembentukan Forum Komunikasi Pilkada Damai di aula Kantor Walikota Lhokseumawe, Sabtu, 17 Maret 2012.

Menurut Ridwan Hadi, setelah penampilan beberapa grup tarian Aceh, acara akan dilanjutkan dengan seremoni deklarasi. Lalu, pembacaan kesepakatan bersama dan penandatanganan prasasti Pilkada Damai. “Kemudian secara bersama-sama menabuh rapai. Kita sudah siapkan rapai, tinggal ditabuh saja oleh pasangan calon,” katanya.

Selesai deklarasi, Ridwan Hadi melanjutkan, pasangan calon walikota-wakil walikota langsung diarahkan untuk pawai mengelilingi kota Lhokseumawe. Setiap pasangan calon, kata  dia, hanya boleh membawa tiga mobil bak terbuka.

“Mobil bak terbuka yang di depan khusus untuk pasangan calon (dua orang) plus dua pamtum (petugas pengamanan tertutup). Dua mobil bak terbuka di belakangnya diisi 12 orang timses atau pendukung (enam orang per mobil), tidak boleh lebih,” kata Ridwan Hadi.

Ruang pemisah antara mobil pasangan nomor urut satu dengan pasangan nomor urut dua, kata Ridwan Hadi, diisi oleh sejumlah personil polisi bersepeda motor. “Begitu juga spasi antara pasangan nomor dua dengan nomor urut tiga dan seterusnya. Dan, di depan mobil pawai pasangan calon ada marching band, jadi pawai bergerak pelan agar masyarakat bisa melihat sepuasnya,” katanya.

Kata Ridwan Hadi, masyarakat maupun pendukung masing-masing pasangan calon bisa menyambut idolanya di pinggir Jalan Merdeka Barat dan Merdeka Timur Kota Lhokseumawe.

“Selama pawai berlangsung, jalan yang dilintasi akan ditutup untuk sementara,” kata Ridwan Hadi sambil melirik ke Wakil Kepala Polres Lhokseumawe Nasrul yang duduk disampingnya.[]

  • Uncategorized

Leave a Reply