Ini 7 danau terunik di dunia

SETIAP danau memiliki karakteristik tersendiri yang membedakannya dari danau lain. Ketujuh danau berikut ini memiliki sesuatu yang unik dan aneh yang tidak dapat Anda temukan di danau lainnya. Bahkan, ada pula yang telah masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Penasaran? Berikut adalah tujuh danau paling unik di dunia. Yuk simak bersama!

Danau ubur-ubur

Danau ubur-ubur terletak di Palau. Karena berada jauh dari laut dan predator, banyak spesies ubur-ubur emas yang tinggal dan bereproduksi di danau ini. Ubur-ubur tersebut bermigrasi ke sisi danau yang lain dan kembali setiap harinya dalam kawanan raksasa. Danau unik ini menjadi salah satu tujuan wisata bagi mereka yang ingin menyelam bersama para ubur-ubur. Namun tenang, ubur-ubur itu tidak dapat melukai manusia. Meski tentunya, mereka memiliki sel-sel penyengat di tubuh mereka.

Boiling Lake

Boiling Lake terletak di Morne Trois Pitons National Park, sebuah situs warisan dunia milik Dominika. Berlokasi 10,5 km di sebelah timur Roseau, Dominika, Karibia, danau ini memiliki keunikan berupa air danau yang mendidih. Biasanya, wisatawan bisa melihat permukaan danau yang diselimuti awan uap tebal. Danau ini memiliki panjang sekitar 60 meter.

Laguna Colorada

Laguna Colorada (Laguna Merah) adalah danau garam dangkal yang terletak di barat daya altiplano Bolivia, dekat perbatasan Chile. Danau ini memiliki dua warna, yakni putih dan merah, yang dipicu oleh sedimen merah dan pigmentasi beberapa ganggang. Oleh karena itu, danau garam ini sering disebut sebagai Laguna Merah karena warna airnya yang merah.

Laut Mati

Laut Mati berada 420 meter (1.378 kaki) di bawah permukaan laut dan 8,6 kali lebih asin dari laut. Salinitas ini membuat lingkungan Laut Mati sangat keras di mana hewan tidak dapat berkembang dan perahu tidak bisa berlayar. Laut Mati memiliki panjang 67 km (42 mil) dan lebar 18 km (11 mil). Danau ini terletak di Jordan Rift Valley, dan anak sungai utamanya adalah Sungai Yordan.

Danau Baikal

Danau Baikal terletak di selatan Siberia di Rusia, dan itu juga dikenal sebagai Blue Eye of Siberia. Dengan kedalaman mencapai 1.637 meter (5.371 kaki), Danau Baikal menjadi danau terdalam di dunia, dan danau air tawar terbesar di dunia dengan volume air mencapai sekitar dua puluh persen dari total air tawar di dunia. Danau Baikal adalah rumah bagi lebih dari 1.700 spesies tanaman dan hewan, dua pertiga dari yang dapat ditemukan di tempat lain di dunia dan dinyatakan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1996.

Danau Titicaca

Danau Titicaca adalah danau yang terletak di perbatasan Bolivia dan Peru. Danau ini berada 3.812 meter (12.500 kaki) di atas permukaan laut. Danau Titicaca juga merupakan danau terbesar di Amerika Selatan, yang mendapat pasokan air dari hujan dan lelehan gletser di sierra yang berbatasan dengan altiplano.

Laut Kaspia

Laut Kaspia adalah danau terbesar di dunia dan menyumbang 40-44 persen dari total lakustrin perairan di dunia. Danau ini memiliki luas permukaan mencapai 394.299 km persegi. Para penduduk kuno yang dulunya tinggal di dekat danau mengira itu adalah pantai. Hal ini kemungkinan besar dikarenakan rasa airnya yang asin dan tampak sangat luas. Laut Kaspia memiliki salinitas sekitar 1,2%, sekitar sepertiga salinitas air laut.

Inilah tujuh danau paling unik di dunia yang perlu Anda ketahui. Mana yang menurut Anda paling menarik untuk dikunjungi? | sumber : merdeka

 

  • Uncategorized

Leave a Reply